Toyota Fortuner-Kijang Innova Juga Bakal Dapat Diskon PPnBM?

16/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah berencana untuk memperluas jenis mobil yang mendapat diskon PPnBM.IIni membuat Toyota Fortuner dan Kijang Innova bisa kebagian jatah diskon pajak.

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor hanya berlaku untuk mobil jenis tertentu. Hanya mobil-mobil pada segmen sedan dan 4x2 dengan mesin di bawah 1.500 cc yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70% bisa memperolehnya sekaligus diproduksi lokal dapat memanfaatkan diskon PPnBM ini. 

>>> Penjualan Mobil di Indonesia Mulai Terkerek Berkat Relaksasi PPnBM

Jenis Mobil Bakal Diperluas

Toyota Fortuner

Fortuner bisa kebagian jatah diskon pajak

Kementerian Perindustrian sendiri sudah merinci 21 mobil yang boleh mendapat keringanan tersebut. Dan tampaknya model mobil itu akan bertambah. 

“Formulasi perluasan dan pendalaman akan didasari oleh kenaikan tingkat kapasitas silinder kendaraan dikombinasikan dengan local purchase, atau hanya didasari local purchase, dan kemungkinan perubahan time frame-nya,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (16/3/2021).

pajak mobil baru dari Kementerian Perindustrian Indonesia

21 mobil yang mendapat diskon PPnBM saat ini

Agus menjelaskan perluasan jenis kendaraan yang boleh mendapat diskon PPnBM diperlukan karena ada beberapa jenis mobil dengan kapasitas silinder di atas 1.500 cc memiliki tingkat kandungan lokal tinggi sekaligus dirakit dalam negeri namun tak bisa menikmati diskon PPnBM tersebut. 

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan,” kata Agus. 

Sebelumnya, Presiden menyampaikan keinginan agar kendaraan bermotor (KBM) roda empat dengan kapasitas 2.500 cc juga bisa mendapatkan insentif pajak dalam masa pandemi ini, asalkan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 70%.

>>> Mesinnya di Bawah 1.500cc, Deretan Mobil Ini Tak Dapat Relaksasi PPnBM

Toyota Fortuner - Kijang Innova Juga Bisa Dapat Diskon Pajak

Kalau diperhatikan dengan spesifikasi tersebut akan ada beberapa tambahan mobil yang bisa mendapat diskon PPnBM yakni Toyota Kijang Innova dan Fortuner. Seperti diketahui keduanya dirakit lokal di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia untuk memenuhi pasar domestik dan juga ekspor. 

Fitur WIND dari Wuling Almaz Raih Penghargaan Inovasi Terbaik

Almaz juga dirakit dalam negeri

Kemudian, Wuling Almaz dan Cortez juga kabarnya akan mendapatkan insentif serupa seperti disebutkan oleh Assistant of President Wuling Motors Han Dehong saat peluncuran New Confero S. 


“Selain itu, Pemerintah menyambut baik animo masyarakat dalam menikmati fasilitas relaksasi ini, terbukti dengan kenaikan tingkat purchase order sebesar 140,8% (per 12 Maret 2021) setelah ada relaksasi PPnBM kendaraan bermotor,” sebut Agus.

Pemerintah meminta agar produsen meningkatkan utilisasi, agar bisa cepat melayani permintaan konsumen yang jauh meningkat ini.

Kebijakan ini akan berlaku hingga akhir tahun. Pemberian keringanan dilakukan secara bertahap, yakni diskon pajak 100% pada Maret-Mei, 50% di bulan Juni-Agustus, dan diskon pajak 25% pada Oktober-Desember 2021.

>>> Sudah Dapat Relaksasi PPnBM Duluan, Simak Harga Mobil LCGC Terbaru

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top