Toyota dan Hino Kembangkan Truk Bertenaga Hidrogen

07/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota dan Hino Kembangkan Truk Bertenaga Hidrogen
Toyota Motor North America dan Hino USA telah mengumumkan bahwa mereka akan bersama-sama mengembangkan truk bertenaga hidrogen untuk pasar Amerika Utara.

Toyota, setelah puluhan tahun meneliti kendaraan berbahan bakar hidrogen. Saat ini, Toyota tengah bergerak maju dengan rencana untuk memproduksi semi sel bahan bakar tanpa emisi untuk Amerika Utara dengan anak perusahaan Hino lewat prototipe truk bertenaga hidrogen awalnya tiba di Jepang tahun depan. 

>>> Hino Punya Truk Baru Sepanjang 12 Meter, Bebas Odol

Gambar menunukan Truk bertenaga hidrogen

Kerjasama ini akan menggunakan Sasis Seri XL Hino

Berbasis Sasis Seri XL Hino

Toyota sebagai raksasa otomotif global telah menguji teknologi sel bahan bakar hidrogen di Los Angeles dalam beberapa tahun terakhir. Kemudian, dikembangkan dengan pembuat truk Kenworth menyebut kendaraan baru tersebut menggunakan sasis Seri XL Hino. Perusahaan juga berkolaborasi dalam truk listrik sel bahan bakar 25 ton untuk pasar Jepang yang akan diuji pada paruh pertama tahun 2021.

"Ini akan menjadi tenang, halus dan bertenaga sementara hanya mengeluarkan air," Tak Yokoo, insinyur eksekutif senior untuk Riset dan Pengembangan Toyota, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman Forbes (5/10). “Teknologi sel bahan bakar Toyota selama 20 tahun lebih yang dikombinasikan dengan pengalaman truk tugas berat Hino akan menciptakan produk yang inovatif dan mumpuni,” sambungnya.

Sayangnya produsen mobil asal Jepang itu tidak memberikan jadwal kapan truk mulai dijual sekaligus memberikan spesifikasi jangkauan atau kinerja untuk truk bertenaga hidrogen ini. Sebuah stasiun bahan bakar hidrogen skala besar juga saat ini sedang dibangun di fasilitas Toyota di Pelabuhan Los Angeles.

>>> Stiker Pemantul di Truk Bukan Tren, Tapi Kewajiban

Gambar menunjukan Truk Hidrogen

Mobil bertenaga hidrogen Toyota dan Hino

Hino Kembangkan Baterai Listrik untuk Truk

Toyota telah menjual mobil sel bahan bakar Mirai kepada konsumen di California, Jepang dan beberapa pasar internasional, tetapi janji hidrogen sebagai bahan bakar transportasi telah bergeser dari mobil ke kendaraan berat, terutama truk jarak jauh. Itu karena powertrain sel bahan bakar hidrogen tidak menambah bobot sebanyak sistem baterai dan dapat diisi ulang jauh lebih cepat dari pada paket beterai listrik.

Secara terpisah, Hino juga tengah bermitra dengan perusahaan rintisan yang berbasis di Los Angeles Xos Trucks untuk membuat semifinal Truk bertenaga baterai. 

“Kendaraan dari Hino akan dilengkapi dengan teknologi baterai milik kami, X-Pack, sistem paket baterai modular yang dibangun dari level sel ke atas yang beroperasi sebagai unit mandiri yang cerdas,” kata Jose Castaneda, wakil presiden bisnis pengembangan Xos Trucks. “Truk kami memiliki banyak manfaat yang membuatnya lebih efisien untuk aplikasi jarak jauh daripada mesin pembakaran, termasuk biaya kepemilikan yang lebih rendah, perawatan yang lebih mudah," tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top