Toyota dan Hino Duet Bikin Truk Berbahan Bakar Hidrogen

24/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota dan Hino Duet Bikin Truk Berbahan Bakar Hidrogen
Toyota dan Hino menyepakati kerjasama pengembangan truk berbahan bakar hidrogen (heavy duty fuel cell truck) demi memenuhi target besar bebas emisi 2050.

Pandemi virus Corona (COVID-19) memberi dampak signifikan pada industri otomotif dunia. Sejumlah pameran otomotif batal dilaksanakan, penjualan juga mengalami penurunan tajam karena sejumlah pabrik berhenti beroperasi.

Meski demikian, hal itu tak menyurutkan Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Hino Motors, Ltd. (Hino) untuk menatap masa depan. Dua raksasa otomotif asal Jepang itu telah menyepakati kerjasama baru dalam hal mengembangkan truk berbahan bakar hidrogen.

Foto menunjukkan Heavy Duty FCV Truck tampak dari samping depan

Toyota dan Hino kembangkan truk fuel cell berbahan bakar hidrogen

Dalam keterangan resminya disebutkan masalah lingkungan menjadi alasan utama disepakatinya kerjasama ini, Keduanya memiliki ambisi besar agar di tahun 2050 semua produk yang dihasilkan benar-benar bebas dari emisi karbon dioksida (CO2) sisa pembakaran kendaraan.

Bahan bakar hidrogen menjadi pilihan untuk truk baru yang tengah dikembangkan ini. Bukan tanpa alasan, baik Toyota maupun Hino telah melakukan serangkaian uji coba dan inovasi penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan sejak 2003 dan diklaim mendapatkan hasil signifikan. Bahan bakar hidrogen memiliki kelebihan dalam hal daya jelajah, kekuatan daya angkut hingga kecepatan dalam proses pengisian.

>>> Genjot Mobil Bertenaga Hidrogen untuk Olimpiade, Jepang Berikan Subsidi Toyota Mirai

Kolaborasi Hino Profia dan Toyota Mirai

Sebagai model pengembangan digunakan truk Hino Profia. Sasis truk berukuran besar ini dirancang khusus untuk bisa sesuai dengan kendaraan berbahan bakar hidrogen. Berat kendaraan juga dikurangi secara komprehensif. untuk memastikan kapasitas beban yang cukup jika ditambahkan sel hidrogen.

Sementara untuk powertrain digunakan dua tumpuan sel yang dikembangkan pada Toyota Mirai generasi terbaru. Seluruh teknologi dan kontrol kendaraan dikembangkan untuk bisa menggerakkan truk berbobot ribuan kilogram  secara mudah. Berbekal dua sel diklaim truk berbahan bakar hidrogen ini bisa melaju hingga 600 km dalam sekali pengisian penuh. Dengan begitu kendaraan tidak hanya menguntungkan dari sisi keramahan lingkungan, tapi juga memberi keuntungan dari sisi bisnis.

Foto menunjukkan Toyota Mirai FCV tampak dari samping depan

Teknologi Toyota Mirai bakal diadopsi pada kendaraan komersil

>>> Benarkah Mobil Bertenaga Hidrogen Lebih Ramah Lingkungan Dibanding Mobil Listrik?

Bukan Pertama Kalinya Kerjasama antara Toyota dan Hino

Untuk diketahui, kerjasama Toyota dan Hino dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan bukan kali ini saja.

Tahun 2003 Toyota menciptakan bus berbahan bakar sel hibrida / Fuel Cell Hybrid Vehicle (FCHV) yang dikembangkan dari bus Hino Blue Ribbon City. Mobil ini kemudian tampil di ajang World Expo 2005 di Jepang dan mendapat apresiasi tinggi. Maret 2006 hingga Desember 2009 bus beroperasi melayani rute ke bandara internasional Chubu, Nagoya, Jepang. Dan mulai tahun 2010 bus FCHV ini menjadi suttle resmi bandara internasional Tokyo.

>>> Preview Toyota Mirai 2015: Tonggak Masa Depan Dunia Otomotif Berbahan Bakar Hidrogen

Foto menunjukkan bus Toyota FCHV

Bus Fuel Cell Hybrid Vehicle (FCHV) bikinan Toyota dan Hino

>>> Berita terbaru seputar otomotif dan lalu lintas lainnya ada disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ini cara Toyota Indonesia Hadapi Wabah COVID-19

24/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Di tengah masifnya penyebaran virus corona di Indonesia, Toyota Indonesia menerapkan beberapa kebijakan untuk kegiatan kantor, produksi, dan dealer. Seperti apa detailnya?

Lihat juga

Dua Karyawan Positif Corona, Toyota Tutup Produksi Corolla di Jepang

23/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota memutuskan menutup line produksi Corolla di Jepang setelah dua karyawannya positif terjangkit virus Corona. Penutupan dilakukan untuk waktu 3 hari.

Lihat juga

Kapan Toyota Raize Dibawa ke Indonesia?

22/03/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota telah menghadirkan SUV kompak Raize di Negeri Sakura, Jepang pada akhir tahun 2019. Lantas, apakah Toyota Raize bakal diboyong juga ke Indonesia?

Lihat juga

Komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017, Perlu Upgrade?

24/03/2020

Mobil baru

3 menit

Bagi Anda yang sudah memiliki Toyota Agya 2017 apakah perlu untuk ganti ke Agya terbaru? Agar paham simak komparasi Toyota Agya TRD 2020 vs 2017, Perlu Upgrade?

Lihat juga

Muncul Larangan Warga Berkumpul, Bagaimana Kegiatan Otomotif?

24/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Kapolri memberikan maklumat berupa larangan warga berkumpul dalam jumlah banyak. Ini demi menekan penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin masif serta mengajak masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Lihat juga