Toyota Avanza Gagal Dikudeta, Ini Gara-Garanya

06/01/2019

Pasar mobil
Toyota Avanza Gagal Dikudeta, Ini Gara-Garanya
Salip menyalip Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di sepanjang 2018. Hasilnya, hingga November Avanza unggul tipis atas jagoan baru Mitsubishi tersebut. Sedikit sulit dipercaya, Toyota Avanza yang sudah tertinggal empat bulan berturut-turut sejak Februari bisa bangkit dan kembali ke puncak, menjadi mobil paling laris dan kokoh menguasai segmen low MPV. Toyota Avanza pun gagal dikudeta.

Sejak kemunculan Toyota Avanza membentuk segmen low MPV tahun 2003 dan berujung sukses, segmen ini terus menarik perhatian. Pabrikan mobil berlomba menciptakan produk serupa berharap bisa memperoleh kue kesuksesan seperti yang didapat Avanza. Walau tak semua mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, perjalanan mereka telah memberi warna pada persaingan yang ada. Beberapa model yang gagal seperti Mazda VX-1 dan Chevrolet Spin justru memberikan feedback positif pada Avanza hingga makin populer dan jadi pilihan.

Foto Toyota Avanza dan Toyota Veloz

Duet Avanza-Veloz sumbangkan penjualan paling tinggi buat Toyota

Di tahun 2018 posisi Toyota Avanza beberapa kali goyah. Posisinya sebagai pemimpin pasar mobil keluarga beberapa kali mengalami tergeser oleh Mitsubishi Xpander. Model teranyar dari Mitsubishi yang diluncurkan di pameran GIIAS 2017 berhasil unggul dalam segi penjualan pada bulan Februari dengan jumlah unit terjual sebanyak 7.400-an unit. Sedangkan Toyota Avanza hanya terjual sebanyak 6.773 unit. Empat bulan berturut-turut berada di urutan kedua, Toyota Avanza baru bisa kembali ke peringkat pertama di bulan Juni. Namun hal ini tak berlangsung lama sebab Mitsubsihi Xpander kembali naik menguasai pasar.

Bulan Oktober Toyota Avanza meraih penjualan tertinggi, unggul atas Xpander dengan gap lebih dari 4.000 unit. Meski demikian Avanza belum bisa kembali menjadi mobil terlaris lantaran penjualan sejak awal tahun masih di bawah Xpander. Baru pada bulan November Toyota Avanza kembali merebut status mobil terlaris dari Xpander dengan raihan penjualan sebanyak 7.553 unit lebih, banyak ketimbang Xpander yang terjual sebanyak 5.094 unit. Secara akumulasi total penjualan Toyota Avanza dari Januari hingga November 2018 mencapai 75.503 unit, sedangkan Mitsubishi Xpander mencapai 71.219 unit.

>>> Bagaimana Mitsubishi Xpander ketar ketir dikejar Avanza saat masih di depan, baca di sini!

Foto Generasi pertama Toyota Avanza tampak dari samping depan

Pertama diluncurkan tahun 2003, Toyota Avanza langsung memikat

Mengapa Toyota Avanza gagal dikudeta?

Meski belum final, raihan penjualan selama 11 bulan membuktikan kalau Toyota Avanza masih kuat menahan gempuran para kompetitornya yang datang silih berganti. Selain kapasitas 7 penumpang sangat sesuai dengan karakter konsumen, ada banyak hal yang membuat Toyota Avanza gagal dikudeta dari statusnya sebagai pemimpin mobil sejuta umat pilihan keluarga Indonesia.

1. Punya banyak varian dan tipe

Sebelum diluncurkan Toyota Avanza 2019, Grand New Avanza dan Grand New Veloz total ada 9 varian tipe yaitu 1.3 E M/T, E A/T, 1.3 G M/T, 1.3 G A/T, 1.5 G M/T, 1.3 VELOZ M/T, 1.3 VELOZ A/T, 1.5 VELOZ M/T, dan 1.5 VELOZ A/T. Dengan banyaknya varian dan tipe tersebut konsumen punya keleluasaan untuk memilih sesuai dengan budged dan kebutuhannya. Untuk Toyota Avanza 2019 saat ini masih menunggu waktu peluncuran resmi. Namun kabarnya bakal ada 12 varian dan tipe yang bisa dipilih.

2. Fitur keselamatan yang cukup

Sebagai mobil keluarga, Toyota Avanza dilengkapi fitur keselamatan yang sangat cukup untuk memberikan rasa aman berkendara mulai dari fitur keselamatan standar macam airbag dan seatbelt hingga fitur keselamatan lain seperti ISOFIX (pengait kursi anak-anak), sistem pengereman ABS, dan Jam Protection Window.

>>> Ini Dia Bocoran Fitur Toyota Avanza Veloz 2019 dan Toyota Avanza tipe G 2019

Gambaran fitur ABS pada mobil

Fitur ABS (Anti-lock Braking System) tersedia untuk semua tipe

3. Jaringan dealer dan bengkel resmi dimana-mana

Sebagai satu merek paling terkenal dengan penjualan tertinggi di Indonesia, Toyota punya banyak outlet dan dealer resmi hampir di seluruh kota di Indonesia. Tentu ini memberikan kenyamanan tersendiri kepada konsumen saat ingin melakukan perawatan berkala maupun membutuhkan perawatan mendadak. Pelayanan di showroom dan bengkel resmi juga sangat baik.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Sparepart mudah didapat

Toyota Avanza sudah lebih dari 15 tahun mengaspal di Indonesia dengan total unit terjual lebih dari 1,5 juta unit. Bisa dipastikan dengan jumlah yang begitu besar stok sparepart yang diproduksi Toyota juga sangat melimpah. Sparepart bahkan tidak hanya dijual di bengkel resmi saja, tapi juga dipasarkan di bengkel-bengkel biasa. Terkecuali pada part-part tertentu, dalam hal pemasangan pun tidak hanya tenaga bengkel resmi yang bisa. Banyak juga bengkel biasa yang sangat mahir dan profesional.

5. Reputasi jempolan

Toyota Avanza punya reputasi bagus dalam berbagai hal. Selain keempat poin di atas, Toyota Avanza dikenal bandel, awet, irit bahan bakar, bisa dipakai mengangkut penumpang dan barang, mumpuni berbagai medan jalan, mudah dioperasikan dan masih banyak yang lain.

>>> Baca Kilas Balik Kehadiran Toyota Avanza Di Indonesia di sini!

Foto Toyota Avanza hitam siap melahap medan off road

Soal reputasi, Toyota Avanza tak perlu diragukan

6. Harga jual kembali tinggi

Satu yang jadi daya tarik bagi konsumen, Toyota Avanza terkenal dengan nilai jualnya yang tinggi di pasar Indonesia. Beda dengan mobil merek Jepang lain atau mobil-mobil non-Jepang seperti mobil Korea, Amerika hingga Eropa. Anda bisa mengeceknya melalui situs-situs jual beli mobil bekas atau datang langsung ke showroom mobil bekas dan bandingkan harga Toyota Avanza dengan mobil lain.

Ke-enam hal tersebut tidak bersifat mutlak, alias masih ada kemungkinan faktor lain yang membuat Toyota Avanza sangat laris sehingga gagal dikudeta oleh para kompetitornya. So, apakah Anda juga tertarik untuk membeli Toyota Avanza? Baca dulu review lengkapnya di sini biar lebih mantap!

 >>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top