Toyota Alami Kondisi Krisis

24/05/2017

Pasar mobil
Share this post:
Toyota Alami Kondisi Krisis
Presiden Toyota, Akio Toyoda mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya sedang menghadapi masa krisis. Hal ini disebutkan sehubungan dengan perolehan yang amat mengecewakan pada tahun fiskal lalu yang jatuh pada tanggal 31 bulan Mei tahun 2017.

Toyota mengalami keadaan krisis pada tahun fiskal 2017

Menurut Autonews, Toyota telah melaporkan anjloknya keuntungan bersih sebesar 21 persen. Kemudian, perusahaan ini juga memperkirakan bahwa pada tahun fiskal ini, kondisi yang sama akan kembali dialami. Akio Toyoda pun mengucapkan kebingungan yang cukup serius menghadapi situasi tersebut.

“Saya merasakan adanya krisis yang sangat kuat tentang apakah kita benar-benar membuat mobil berdasarkan perspektif konsumen? Saya merasakan hal itu di semua divisi, mulai dari pengembangan, produksi, pengadaan, dan penjualan, sampai ke divisi administratif,” kata Toyoda.

Presiden Toyota - Akio Toyoda  berbaju warna Coklat dalam sebuah seminar
Presiden Toyota - Akio Toyoda

 

Alasan- alasan yang terjadi kekurangan pendapatan bersih

Menurut Akio Toyoda, kekurangan pendapatan bersih terjadi karena industri otomotif menghadapi pengubahan terbesar dalam sejarah. Misalnya, banyak pesaing baru di pasar, lalu teknologi otonom dan listrik juga mulai digembar-gemborkan sebagai masa depan sebuah mobil.

>>>Baca juga:
Ekspor Toyota Indonesia Meroket pada Triwulan Pertama 2017
 

Dampak-dampak ketika perusahaan mobil lama yang bergeser ke industri baru

Pengubahan drastis ini memaksa perusahaan Toyota mengeluarkan anggaran penelitian dan pengembangan sebanyak lebih dari 9 miliar dollar AS (Serata dengan Rp 120 triliun)  sepanjang empat tahun ini. Hal ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari perusahaan mobil lama yang bergeser ke industri baru.

“Industri otomotif saat ini diminta melakukan pergeseran paradigma. Saya ingin terus ‘menanam bibit’ dengan melihat 10 atau bahkan 20 tahun ke depan,” kata tutupnya.

>>> Untuk dapat informasi terbaru, silakan akses ke situs kami

Share this post:
 
back to top