Toyota Mulai Produksi Mobil Listrik Secara Lokal Tahun Depan

07/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Astra Motor mendukung perkembangan elektrifikasi di Tanah Air. Bahkan di tahun depan TAM berencana akan memproduksi mobil listrik secara lokal!

Sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia untuk bisa hadirkan banyak kendaraan ramah lingkungan di tahun 2024, Toyota berencana untuk bisa memproduksi mobil listrik secara lokal di tahun depan.

>>> 600 Ribu Kendaraan Listrik Bakal Diproduksi di Indonesia Mulai 2024

Gambar menunjuka project EV Smart Mobility

Project EV Smart Mobility 

Hadirkan Ekosistem Kendaraan Listrik di Bali

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa Toyota bukan hanya akan hadirkan plug in hybrid vehicle saja tetapi juga mobil listrik murni. Selain itu pihaknya juga mendukung ekosistem ‘hijau’ dengan mendukung pariwisata di Tanah Air.

“Untuk mobil  listrik di tahun ini Toyota akan melanjutkan komitmen seperti apa yang telah kita lakukan sebelumnya. Kami sudah meluncurkan mobil  listrik sejak sepuluh tahun lalu, dulu biasanya hybrid namun kedepannya kita akan mengembangkan bukan hanya plug in hybrid vehicle saja tapi juga mobil listrik murni.” kata Anton beberapa waktu lalu saat ditemui di Jakarta belum lama ini. 

“Kita bukan hanya memperkenalkan produk mobil  listrik tetapi kita juga membantu pariwisata di indonesia beberapa waktu lalu melalui project EV Smart Mobility di The Nusa Dua, Bali. Project tersebut telah didukung langsung oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan telah diminta untuk dikembangkan di wilayah yang lain di Tanah Air,” tambahnya.

>>> Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kendaraan Listrik di Indonesia

Gambar menunjukan Toyota Corolla Cross Hybrid

Tampilan Toyota Corolla Cross 1.8 hybrid

Toyota Akan Produksi Kendaraan Listrik Lokal 

Anton menuturkan bawah penjualan kendaraan listrik dari tahun ke tahun selalu alami peningkatan. Bahkan saat pandemi tahun lalu penjualan kendaraan listrik cukup tinggi. Melihat potensi ini Toyota berencana akan memproduksi kendaraan listrik secara lokal di tahun depan untuk bisa hadirkan harga yang lebih murah.

“Jadi mobil listrik kalau kita lihat 10 tahun kebelakang kira-kira Toyota telah menjual 4000 unit mobil  listrik. Tapi perkembangannya beberapa tahun kebelakang selalu meningkat, bahkan di tahun lalu saat pandemi kita bisa menjual 1000 unit, rasanya di  tahun ini akan meningkat begitu juga di tahun depan. Dan Toyota Pun sudah memberikan komitmen bahwa kita akan memproduksi salah satu mobil  listrik kita secara lokal di tahun depan. Semoga dengan lokal produksi harga semakin terjangkau dan bisa masuk ke segmen yang lebih gemuk dan meningkatkan volume mobil listrik kedepannya,” tutup Anton.

>>> Review Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Untuk Keluarga

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top