Tol Ngawi-Kertosono, Jadi Jalan Bernada Pertama di Indonesia

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tol Ngawi-Kertosono, Jadi Jalan Bernada Pertama di Indonesia
Ada yang istimewa dari Tol Ngawi-Kertosono selain penghubung utama Tol Trans Jawa di Jawa Timur, yaitu jalan bernada pertama di Indonesia (singing road).

Berkendara dari Solo ke Surabaya lewat jalan tol, pengendara pasti melalui jalan Tol Ngawi-Kertosono. Ya, tol tersebut merupakan salah satu ruas Tol Trans Jawa di Jawa Timur, selain Tol Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya, juga sebagian ruas Tol Solo-Ngawi.

Sekilas tidak ada yang berbeda dengan tol lain, jalanan lebih banyak rata lurus serta pemandangan di kiri kanan jalan tol yang cukup menawan. Hanya saja, di Km 644+200 B (arah Surabaya) pengendara bakal mendengar suara musik dari jalanan dengan nada lagu Happy Birthday jika kecepatan kendaraan antara 80 km - 100 km per jam.

Jalan bernada

Menurut PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) selaku pengelola, pemasangan jalan bernada tersebut memang disengaja tujuannya mengingatkan pengendara agar tetap konsentrasi dan menjaga kecepatan pada batas yang diizinkan. Sedangkan pemilihan nada lagu Happy Birthday karena lagu itu sangat familiar di telinga masyarakat.

"Pada dasarnya terkait singing road ini, dibangun untuk mengurangi adanya kemungkinan kecelakaan lalu lintas dikarenakan pengendara yang tidak fokus, bisa karena mengantuk ataupun hal lainnya," tutur Direktur Utama PT JNK, Dwi Winarsa, kepada wartawan, (28/12/2019) lalu.

>>> Raja Segmen Niaga Jadi Tunggangan Presiden Jokowi Saat Resmikan Tol Ngawi-Kertosono

Foto menunjukkan Rambu-rambu singing road Tol Ngawi-Kertosono

Nada akan terdengar jika kecepatan kendaraan di atas 80 km perjam

Jalan Tol Ngawi-Kertosono

Jalan Tol Ngawi-Kertosono memiliki panjang 87 Km membentang dari Kabupaten Ngawi hingga Kertosono di Kabupaten Nganjuk. Di ujung barat tersambung dengan Tol Solo-Ngawi dan di ujung timur tersambung dengan Tol Kertosono-Mojokerto.

Jalan tol ini beroperasi secara penuh mulai akhir 2018 dengan peresmian dilakukan dua kali. Tanggal 29 Maret 2018 untuk ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 52 Km dan tanggal 20 Desember 2018 untuk ruas Wilangan-Kertosono.

Secara keseluruhan jalan Tol Ngawi-Kertosono terbagi menjadi 4 seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Ngawi-Madiun sepanjang 20 Km,
  • Seksi 2 Madiun-Caruban sepanjang 8,45 Km,
  • Seksi 3 Caruban-Wilangan sepanjang 21,06 Km,
  • Seksi 4 Wilangan-Kertosono sepanjang 37,51 Km.

Untuk memudahkan akses warga, Jasa Marga menyediakan 5 Simpang Susun (SS), yaitu SS Ngawi, SS Madiun, SS Caruban, SS Nganjuk, dan SS Bandar.

Foto menunjukkan Gerbang Tol Ngawi

Gerbang Tol Ngawi mempermudah akses warga keluar masuk jalan tol Trans Jawa

Bagi pengendara yang butuh istirahat dipersilahkan untuk singgah di Rest Area Forest Village di KM 626. Disini terdapat berbagai pelayanan seperti toilet, SPBU, mushola, area parkir yang cukup luas,  dan dilengkapi kios untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menyajikan produk dan dagangan lokal daerah setempat.

Untuk saat ini mengingat masih dalam suasana pandemi COVID-19 pengendara yang singgah di rest area dimohon patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

>>> Cari mobil bekas berkualitas di Kota Ngawi Jawa Timur, Cek di sini!

Foto menunjukkan Rest Area Forest Village di KM 626

Foto menunjukkan lapak UMKM di Rest Area Forest Village Tol Ngawi-Kertosono

Rest Area Forest Village di KM 626 dilengkapi beragam sarana pelayanan

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tata Tertib Berkendara di Jalan Tol Manado-Bitung

05/10/2020

Pengemudian

3 menit

Pengendara yang mau berkendara di jalan Tol Manado-Bitung sebaiknya memperhatikan dengan seksama ketentuan serta mekanisme pembayaran tarif tol yang berlaku.

Lihat juga

Yuk, Kenali 4 Destinasi Wisata Sepanjang Tol Tangerang-Merak

07/02/2020

Pengemudian

3 menit

Tak hanya memudahkan perjalanan menuju ujung barat Pulau Jawa, inilah 4 destinasi wisata sepanjang Tol Tangerang-Merak yang menarik untuk Anda kunjungi!

Lihat juga

Mana Lebih Tua, Jalan Tol di Sumatra atau Tol di Jawa

12/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Banyak jalan tol baru dibangun dan diresmikan di berbagai wilayah di Indonesia. Lantas, mana yang lebih tua, jalan tol di Sumatra atau jalan tol di Jawa?

Lihat juga