Tol Medan-Binjai Seksi 1 Resmi Beroperasi Secara Gratis

13/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Terhitung mulai Kamis, 11 Maret 2021 jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 resmi beroperasi secara penuh. Khusus untuk segmen Tanjung Mulia-Marelan masih gratis.

Bertambah panjang ruas Jalan Tol Trans Sumatra yang beroperasi menyusul dioperasikannya Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) oleh PT Hutama Karya (HK). Mulai Kamis (11/3/2021) pukul 07.00 WIB ruas sepanjang 4,2 Kilometer tersebut sudah bisa dilintasi kendaraan.

Keputusan diatas sesuai dengan Surat Keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tanggal 3 Maret 2021.

“Untuk Segmen Tanjung Mulia-Marelan sementara masih belum dikenakan tarif, namun untuk Segmen Marelan-Helvetia sudah dikenakan tarif.” unggah HK di akun Instagram @ hkinfrastruktur, (11/3/2021).

>>> Ruas Jantho-Indrapuri Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Dibuka Gratis

Foto Tol Medan-Binjai resmi beroperasi

Makin panjang jalan tol yang beroperasi di Sumatera Utara

Terintegrasi dengan Tol MKTT dan Belmera

Di hari yang sama juga dilakukan proses integrasi Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan To Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Tol Medan-Binjai (Mebi) oleh Jasa Marga. Proses integrasi ditandai dengan pembukaan barikade Plastic Barrier di Main road Marelan.

Hadir dalam acara tersebut Head Division Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (Teddy Rosady), General Manager RO-1 Belmera (Rudi HS Pardede), jajaran JMTO area Belmera dan Mebi, Branch Manager Ruas Tol Medan-Binjai (Untung Joko), Project Manager Jalan Tol Medan-Langsa (Hestu Budi Husodo) dan perwakilan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Prov Sumatera Utara, serta Kepala Unit PJR Jalan Tol.

Adanya integrasi memberikan kenyamanan kepada pengguna tol. Yang melintas di ruas MKTT dan Belmera bisa langsung bersambung ke tol Mebi. Begitu pun sebaliknya pengguna tol Mebi bisa melanjutkan perjalanan ke Tol MKTT atau Belmera.

"Layanan yang maksimal memang sudah seharusnya diberikan kepada pengendara. Dengan terintegrasinya ruas tol MKTT dan Belmera ke Mebi kali ini, akan semakin meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna jalan tol wilayah Medan dan sekitarnya," tutur Operation Management Department Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad Division Taufiqul Hidayat, seperti dirilis Jasa Marga.

>>> Tinggal di Medan, temukan mobil pilihanmu di sini!

Foto Peresmian Seksi 1 Tol Marelan-Tanjung Mulia

Seksi 1 Segmen Marelan-Tanjung Mulia sepanjang 4,2 kilomter resmi beroperasi

Persiapan masuk tol

Dihimbau kepada pengendara yang ingin mengakses jalan Tol MKTT, Tol Belmera, dan Tol Medan-Binjai untuk mempersiapkan diri sebelum perjalanan. Terutama saldo uang elektronik harus terisi dan mencukupi dengan mempertimbangkan tarif tol terjauh. Tujuannya agar perjalanan tidak terhambat saat melakukan pembayaran di gerbang tol.

Selain mempersiapkan saldo, pengendara dihimbau berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta arahan petugas. Jika kelelahan disarankan untuk beristirahat di rest area untuk mengembalikan stamina tubuh.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top