Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya Tempat Parkir Darurat

29/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Punya Tempat Parkir Darurat
Sebanyak 4 tempat parkir darurat (Emergency Parking Bay) bakal dibangun di jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Jakarta-Cikampek II Elevated) di 4 titik lokasi.

Kualitas jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Jakarta-Cikampek II Elevated) terus ditingkatkan. Beberapa langkah dilakukan Jasa Marga demi menunjang kenyamanan pengendara. Termasuk yang saat ini tengah disiapkan, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Jakarta-Cikampek II Elevated) bakal dilengkapi dengan tempat parkir darurat atau Emergency Parking Bay.

Disampaikan Jasa Marga melalui unggahannya di akun IG @official.jasamarga, pembangunan tempat parkir darurat ini dilakukan untuk mengantisipasi kondisi darurat yang dialami pengendara saat melintas di jalan tol. Nantinya mereka tidak perlu berhenti di badan jalan sehingga kelancaran arus lalu lintas tetap lancar tidak terganggu.

Foto menunjukkan Presiden Jokowi meresmikan Tol Jakarta Cikampek II Elevated

Tol Jakarta Cikampek Elevated diresmikan 12 Desember 2019 dan dibuka untuk umum mulai 15 Desember 2019

4 titik Emergency Parking Bay

Tempat parkir darurat ini bakal dibangun di 4 titik lokasi. Rinciannya 2 arah Cikampek dan 2 ke arah Jakarta. Keempatnya yaitu:

  • 1A KM 21 (Arah Cikampek)
  • 2A KM 41 (Arah Cikampek)
  • 2B KM 39 (Arah Jakarta)
  • 1B KM 22 (Arah Jakarta)

Seperti diketahui, jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek memiliki panjang sekitar 38 kilometer. Membentang dari Cikunir hingga Karawang Timur. Jalan tol ini tidak memiliki gerbang keluar selain di ujung barat dan di ujung timur. Di sepanjang lintasan juga tidak ada rest area untuk istirahat atau mengisi BBM. So, bakal jadi masalah besar jika mobil mogok di tengah tol hanya gara-gara kehabisan BBM.

>>> Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated, Implementasi Kedua Teknologi Sosrobahu

Foto menunjukkan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tempat parkir daurat bakal dibangun di Tol Layang Jakarta-Cikampek

8 Emergency Access dan Perbaikan Expansion Joint

Selain tempat parkir darurat yang saat ini masih tahap rencana, jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek kini sudah dilengkapi dengan tangga darurat (Emergency Access) dan dilakukan perbaikan sambungan jalan (Expansion Joint).

Tangga darurat untuk evakuasi korban bila terjadi kecelakaan. Ada 8 titik tangga darurat sudah selesai dibuat dan bisa digunakan sewaktu-waktu, yaitu KM 13+225, KM 17+100, KM 21+550, KM 24+775, KM 28+150, KM 32+300, KM 36+050, dan KM 38+625.

Sedangkan perbaikan expansion joint dilakukan dengan menyesuaikan ketinggian. Jasa Marga mengganti atau menambah lapisan penyambung agar 3 elemen aspal, beton transisi, dan karet penyambung bisa mencapai batas ketinggian yang nyaman dilalui pengguna jalan.

Sebelumnya banyak yang mengeluh sambungan jalan tidak seimbang sehingga sangat tidak nyaman dilewati. Beberapa kejadian malah ban mobil sampai meletus karena tidak kuat menanggung benturan.

>>> Begini 5 Cara Berkendara Aman di Jalan Tol yang Baru Dibuka

Foto Tangga darurat Tol Layang Jakarta-Cikampek

Foto petugas jalan tol memperbaiki sambungan jembatan di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kualitas jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated ditingkatkan

>>> Berita menarik lainnya bisa ditemukan disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top