Tol Lampung Segera Diresmikan, Dua Ruas Tol Terpanjang Bukan Lagi Milik Trans Jawa

02/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Bakal tak ada lagi dominasi ruas tol terpanjang di Indonesia oleh Jalan Tol Trans Jawa. Satu ruas tol yang bakal diresmikan di Jalan Tol Trans Sumatera tidak lama lagi bakal mengalahkan ruas-ruas tol Trans Jawa yang sebelumnya sangat dibanggakan.

Saat ini status ruas tol terpanjang di Indonesia dipegang ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Lampung) dengan panjang 141 km yang mengalahkan ruas tol Cikampek-Palimanan Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 116,75 km mulai Maret 2019 lalu. Namun rekor ini bakal segera berakhir dengan diresmikannya ruas tol Tebanggi Besar (Lampung) - Kayu Agung (Sumatera Selatan) Agustus mendatang.

Foto menunjukkan Gerbang Tol Terbanggi Besar sudah siap dioperasikan

Ruas tol Tebanggi Besar (Lampung) - Kayu Agung (Sumatera Selatan) panjang 185 km

Jika tidak ada halangan pemerintah bakal meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tebanggi Besar (Lampung) - Kayu Agung (Sumatera Selatan) tepat di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-74, 17 Agustus 2019 mendatang. “Bulan Agustus mendatang untuk tol ruas Terbanggi Besar–Kayu Agung akan resmi beroperasi,” tutur Kepala Cabang PT Hutama Karya Tol ruas Ter­banggi Besar–Kayu Agung, Yoni Satyo, belum lama ini.

>>> Ingin tahu mobil terbaru yang keluar di tahun ini? Ketahui model selengkapnya di sini

Itu artinya, status ruas tol terpanjang di Indonesia bakal berpindah lagi karena ruas tol Tebanggi Besar (Lampung) - Kayu Agung (Sumatera Selatan) memiliki panjang 185 km atau jauh lebih panjang dari pada ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar. Artinya lagi, dalam waktu yang berdekatan Jalan Tol Trans Jawa yang memiliki panjang lebih dari 1000 km kehilangan kebanggaan memiliki ruas tol terpanjang di Indonesia sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.  

Progres

Diakui oleh Yoni, ruas tol Tebanggi Besar (Lampung) - Kayu Agung (Sumatera Selatan) memang belum sepenuhnya selesai. Namun progresnya sangat positif sudah mencapai 93% dan tinggal finishing. Ada beberapa titik yang masih dalam tahap pengerjaan lapis finish aspal yaitu di ruas Simpang Pematang - Kayu Agung. “Kemudian juga penyelesaian untuk guard rail, reflector, marka jalan, median barrier, serta penyelesaian Gerbang Tol Kayu Agung dan Gerbang Tol Lambu Kibang,” katanya.

>>> Kemenhub: Infrastruktur Meningkat, Keselamatan Tol Juga Perlu Ditingkatkan

Foto ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar tampak dari udara

Jalan Tol Trans Sumatera jadi akses utama musim mudik lebaran 2019

Sementara untuk area istirahat, direncanakan di sepanjang tol Bakauheni (Lampung) - Kayu Agung (Sumatera Selatan) ini memiliki sembilan rest area baik baik sisi A maupun B. Kecuali rest area KM 215 dan KM 234 yang hampir selesai, semua rest area masih dalam tahap kontruksi.

Dengan beroperasinya ruas tol terpanjang nanti perjalanan dari pelabuhan Bakauheni Lampung menuju kota Palembang bakal semakin singkat. Bisa ditempuh dalam waktu 4 sampai 5 jam dibanding sebelumnya yang memakan waktu 10 sampai 12 jam.

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap dan terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top