Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Ditarget Rampung Oktober 2021

03/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Ditarget Rampung Oktober 2021
Dengan progres yang sudah mencapai 57,32 persen, konstruksi jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 1-4 ditargetkan selesai bulan Oktober 2021.

Salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yaitu Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat kini tengah digenjot pengerjaannya. Laporan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), progres Seksi 1-4 jalan tol di Sumatra Utara ini telah mencapai 57,32 persen. Jika tidak ada hambatan berarti, konstruksi jalan tol ini secara keseluruhan selesai pada Oktober 2021.

"Rencananya proyek tol di Sumatra Utara yang akan menghubungkan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional [KSPN] Danau Toba ini akan selesai konstruksinya di Oktober 2021 mendatang," tutur Kepala BPJT Danang Parikesit dalam siaran pers, (29/12/2020) pekan lalu.

Panjang 143,5 Km

Perencanaan pembangunan Tol Kuala Tanjung hingga Parapat sudah dimulai sejak 2016 silam. Pekerjaannya diamanatkan kepada PT Hutama Marga Waskita yang merupakan bentukan PT Jasa Marga, PT Hutama Karya, dan PT Waskita Toll Road (anak usaha PT Waskita Karya). Investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 13,45 triliun, termasuk biaya konstruksi sebesar Rp 9,6 triliun.

>>> Dihadang Pandemi, Hutama Karya Tetap Untung Besar dari Jalan Tol

Foto menunjukkan Pembangunan jalan Tol Tebing Tinggi Parapat

Jalan tol bakal memudahkan akses menuju Danau Toba

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat memiliki panjang 143,5 Km dan terbagi menjadi 6 seksi, yaitu Seksi 1 Tebing Tinggi- Inderapura (20,40 km), Seksi 2 Kuala Tanjung - Inderapura (18,05 km), Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan (30 km), Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar (28 km),Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok (22,3 km), dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat (16,7 km).

Sedangkan untuk memudahkan akses warga tersedia 6 Simpang Susun (SS), yaitu di Inderapura, Tebing Tinggi, Serbelawan, Simpang Susun Raya, Seribudolok, dan Parapat.

Seksi 1-4 merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita. Sedangkan Seksi 5 dan Seksi 6 merupakan dukungan Pemerintah. Keduanya masih dalam proses pengajuan Green Book.

Mudahkan akses ke Danau Toba

BPJT menjelaskan, Jalan Tol Kuala Tanjung--Parapat bakal memudahkan akses menuju Danau Toba yang merupakan salah satu Kawasan Strategis Nasional (KSN) di Sumatra Utara. Mengingat jalan tol ini merupakan lanjutan dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sepanjang 61,72 Km yang telah selesai dan terhubung dengan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

>>> Tinggal di Medan, Temukan mobil impianmu di sini!

Foto menunjukkan Pembangunan jalan Tol Tebing Tinggi Parapat

Jalan tol bakal memudahkan akses menuju Danau Toba

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol saat Libur Akhir Tahun

30/12/2020

Pengemudian

3 menit

Pengunjung rest area di jalan tol saat ini dikurangi 50% maka dari itu simak tips di bawah ini mengemudi aman di jalan tol saat libur akhir tahun.

Lihat juga

44 Proyek Strategis Digarap Waskita Karya, Terbanyak Jalan Tol

30/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Sepanjang 2014-2019 ada 44 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dengan porsi terbanyak adalah pembangunan jalan tol.

Lihat juga

Jasa Marga Gelar Random Check Rapid Test Antigen Di Jalan Tol Jagorawi

25/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga mulai menjalankan Random Check Rapid Test Antigen di jalan Tol Jagorawi dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di hari libur Natal dan Tahun Baru.

Lihat juga

Penanaman 79.000 Pohon di Jalan Tol Bisa Bantu Tingkatkan Keselamatan

16/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Guna meningkatkan keselamatan lingkungan dan pengendara, sebanyak 40 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan penghijauan dengan menanam 79000 pohon di jalan tol.

Lihat juga

Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

15/07/2020

Pengemudian

4 menit

Selain mematuhi rambu-rambu lalu lintas, ada hal lain yang wajib diwaspadai saat mengemudi di jalan tol. Salah satunya manuver pindah jalur yang dilakukan kendaraan lain.

Lihat juga
 
back to top