Tol Cipali Amblas di KM 122, Lalu-Lintas Dibuat Contra-Flow

09/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Tol Cipali Amblas di KM 122, Lalu-Lintas Dibuat Contra-Flow
Akibat hujan deras yang terjadi sejak akhir pekan, Tol Cipali amblas di KM 122 yang mengarah ke Jakarta. Alhasil, lalu-lintas tol dibuat contra-flow sejauh 9 km.

Jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan pada KM 122 dari Cirebon arah Jakarta. Kondisi hujan tinggi dan terus menerus di wilayah Jawa Barat sejak Minggu (7/2) disinyalir jadi penyebab utama amblasnya tol.

>>> Tarif Baru Tol Cipali, Kendaraan Golongan V Turun Rp 84 Ribu

Berlakukan contra-flow sejauh 9 KM

Adanya kejadian tol Cipali amblas di KM 122, Astra Tol Cipali selaku pengelola jalan tol akhirnya memberlakukan penutupan ruas jalan yang terdampak, dan memberlakukan contra-flow mulai dari KM 177 sampai KM 126.

Kondisi tol Cipali yang amblas

Kondisi jalan yang amblas membuat pengelola tol melakukan contra-flow

Koordinasi dengan pihak kepolisian pun telah dilakukan, dengan contra-flow berlaku sejak Selasa, 9 Februari 2021 pukul 01.00 WIB. Adapun hal ini dilakukan untuk mengurangi beban jalan sekaligus menanggulangi kemacetan yang disebabkan amblasnya tol Cipali. 

Astra Tol Cipali akan membangun lajur darurat untuk memitigasi lalu-lintas yang disebabkan kejadian ini, sementara proses perbaikan tol Cipali amblas ini akan memakan waktu sampai 2 minggu.

“Untuk mengurangi beban lalu lintas, dibangun lajur darurat di median, estimasi memakan waktu tiga hari,” ujar Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali dalam keterangan resminya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan pekerjaan perawatan jalan pada KM 122+400, diperkirakan memakan waktu 2 minggu.”

>>> 5 Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

Sejarah singkat Tol Cipali

Diresmikan pertama kali tahun 2015, Tol Cipali merupakan salah satu tol paling panjang di Indonesia yang menghubungkan antara tol Jakarta-Cikampek dengan Palimanan-Kanci dengan panjang 116 km, dan merupakan bagian dari tol Trans-Jawa.

Suasana tol Cikopo-Palimanan

Tol Cikopo-Palimanan menghubungkan langsung Cikampek dengan Cirebon

Merupakan salah satu tol paling panjang di Jawa, Tol Cipali terbagi menjadi enam sektor, yakni Cikopo-Kalijati (29,12 km), Kalijati-Subang (9,56 km), Subang-Cikedung (31,37 km), Cikedung-Sukajati (17,66 km), Kertajati-Sumberjaya (14,51 km), dan Sumberjaya-Palimanan (13,78 km).

Untuk pembangunan Tol Cipali, total menghabiskan dana 12,8 Triliun Rupiah, dan menghubungkan langsung antara Cikampek dengan Cirebon dengan jarak tempuh hanya 1,5 jam dan memangkas lalu-lintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) sampai 50%.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top