Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Ditargetkan Selesai Pertengahan 2021

24/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Ditargetkan Selesai Pertengahan 2021
Progres sudah mencapai 75,5%, Pemerintah menargetkan konstruksi jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) sepanjang 11,2 Km selesai pada pertengahan 2021.

Pembangunan jalan tol di berbagai daerah terus berjalan meski dalam suasana pandemi Covid-19. Salah satu ruasnya jalan Tol Ciawi-Sukabumi atau Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Salah satu ruasnya, yaitu Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) kini memasuki masa-masa akhir.

Progres 75,5%

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis ruas jalan tol sepanjang 11,Km itu segera selesai, targetnya pertengahan 2021. Untuk progres konstruksi saat ini sudah mencapai 75,5% dan sedangkan untuk pembebasan lahan warga mencapai 96,58 persen.

“Nantinya setelah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi beroperasi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, maupun Sukabumi dan sekitarnya.” kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, seperti dirilis BPJT, Selasa (23/2/2021) dan juga diunggah di akun IG @bpjt_info.

>>> Progres Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Lebih Dari 93%

Foto menunjukkan Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi

Ada jalan tol, waktu tempuh Jakarta - Bogor - Sukabumi bakal semakin singkat

Tol Ciawi-Sukabumi

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi atau Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bakal menjadi akses penting bagi warga. Tol ini terhubung Tol Jagorawi di sebelah utara. Secara dengan adanya tol ini waktu tempuh dari Jakarta, Bogor, hingga Sukabumi atau sebaliknya bakal lebih singkat. Sebagai gambaran saat ini waktu tempuh dari Sukabumi hingga Ciawi sekitar 1,5-2 jam. Jika tol beroperasi waktu tempuh bakal lebih singkat menjadi 15-30 menit. Dari Jakarta hingga kawasan wisata Pelabuhan Ratu juga lebih singkat, menjadi sekitar 2,5 jam.

Adanya jalan tol diyakini bakal meningkatkan roda perekonomian dan menggairahkan industri pariwisata di Sukabumi. Selain Pelabuhan Ratu, daya tarik lainnya antara lain suguhan pemandangan alam yang indah, yaitu Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol (TJT). Dalam pembangunannya TJT membagi membagi empat seksi, yaitu:

  1. Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km)
  2. Seksi II Cigombong-Cibadak (11,90 Km),
  3. Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 Km),
  4. Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

Dari semuanya, baru Seksi I (Ciawi-Cigombong) yang sudah beroperasi penuh. Yaitu sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada 1 Desember 2018. Sedangkan sisanya untuk Seksi 2 ditargetkan sekitar Juni 2021, Seksi 3 tahun 2023 dan Seksi 4 tahun 2024.

>>> Tinggal di Sukabumi, temukan mobil impianmu di sini!

Foto menunjukkan Peresmian Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I (Ciawi-Cigombong)

Ruas Tol Ciawi-Cigombong beroperasi sejak Desember 2018

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Progres Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Lebih Dari 93%

23/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Pembangunan jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran segera selesai dalam waktu dekat. Adapun progres saat ini lebih dari 93% dengan pembebasan lebih dari 97%.

Lihat juga

Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol

14/02/2021

Pengemudian

3 menit

Bagi Anda yang saat ini tengah bepergian keluar kota sebaiknya simak tips mengemudi aman di jalan tol di bawah ini dari Auto2000 agar perjalanan kian aman.

Lihat juga

Transaksi Non Tunai Nirsentuh Tidak Untuk Seluruh Gardu Tol

15/02/2021

Pasar mobil

3 menit

BPJT menjelaskan transaksi non tunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) tidak akan diterapkan di seluruh gardu tol, melainkan hanya 50 persen saja.

Lihat juga

41 Ruas Tol Dipersiapkan Untuk Transaksi Non Tunai Nirsentuh

07/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 41 ruas tol di Tanah Air bakal menjadi lokasi uji coba transaksi non tunai nirsentuh berbasis teknologi, Multi Lane Free Low (MLFF) pada 2022

Lihat juga

Bahaya Kecepatan Tinggi di Jalur Lambat Jalan Tol

24/09/2020

Pengemudian

4 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Kijang Innova di Tol Mojokerto-Surabaya yang menewaskan 3 penumpang, betapa besar bahaya kecepatan tinggi di jalur lambat jalan tol

Lihat juga
 
back to top