Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Ditargetkan Selesai Bulan Ini

05/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Dengan progres sebesar 93,06% konstruksi jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ditargetkan selesai bulan Maret ini dan segera dioperasikan dalam waktu dekat.

Pembangunan jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis dengan progres yang telah dicapai jalan tol ini segera selesai dan menjalani tahap berikutnya.

Selesai bulan ini

Dalam keterangannya yang juga diunggah di akun Instagram @kemenpupr, konstruksi jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran ditargetkan selesai Maret 2021. Target ini mempertimbangkan progres yang telah dicapai hingga pertengahan Februari 2021 sebesar 93,06%.

“Progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran saat ini telah mencapai 93,06 % dan ditargetkan selesai Maret 2021.” tulis Kementerian PUPR, (2/3/2021).

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menuturkan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

>>> Progres Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Lebih Dari 93%

Foto Gerbang Tol Kunciran 1

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran mempermudah akses menuju Bandara Soetta

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan salah satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Proses pekerjaannya dilakukan PT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun.

Tol ini terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I Simpang Susun Kunciran- Underpass Tirtayasa (2,04 Km), Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 Km), Seksi III Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 Km), dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,06 Km). Untuk memudahkan akses warga 5 Gerbang Tol (GT) disediakan, yaitu GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara.

Kelak jika tol ini jadi bakal terhubung langsung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi sejak 2019 sekaligus menjadi akses baru bagi warga menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami melihat antusiasme masyarakat yang tinggal di Kota Tangerang dan sekitarnya yang sangat menantikan kehadiran jalan tol ini, terutama karena akan menjadi akses baru menuju Bandara Soekarno Hatta. Tidak hanya itu, jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Ruas ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cinere-Serpong yang akan selesai konstruksi dalam waktu dekat,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) Agung Widodo, beberapa waktu lalu.

>>> Begini 5 Cara Berkendara Aman di Jalan Tol yang Baru Dibuka

Foto jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Banyak jalan tol, akses ke Bandara Soetta semakin mudah

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top