Tol Balikpapan-Samarinda Dibuka Gratis Selama 2 Minggu

26/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sudah diresmikan, pengendara bisa memanfaatkan jalan Tol Balikpapan-Samarinda ruas Balikpapan-Samboja secara gratis selama 2 minggu mulai 25 Agustus 2021.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi 1 dan 5 (Balikpapan-Samboja) kini bisa dinikmati warga Kalimantan Timur dan sekitarnya. Tol ini dibuka untuk umum sehari setelah diresmikan, atau mulai 25 Agustus 2021..

Gratis 2 minggu

Selama 2 minggu ke depan pengendara bisa melewatinya secara gratis. Namun demikian, pengendara tetap harus menyiapkan kartu tol mengingat portal gardu hanya bisa dibuka menggunakan kartu.

Menurut Dirut PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Jinto Sirait, pembukaan gratis ini sebagai bentuk sosialisasi sekaligus membiasakan warga berkendara di jalan tol sesuai aturan yang berlaku.

>>> Seksi 1 dan 5 Diresmikan, Tol Balikpapan-Samarinda Beroperasi Penuh

Gambar pengumuman pembukaan gratis Tol Balikpapan-Samarinda

Masih sosialisasi jalan tol baru dibuka secara gratis

“Masyarakat dapat menjajal jalan tol ini dengan tarif nol rupiah selama dua minggu, sebagai bentuk sosialisasi kami kepada masyarakat.” kata Jinto Sirait, dalam keterangannya di laman Jasa Marga.

“Walaupun dikenakan tarif nol rupiah, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk tapping sebelum memasuki gerbang tol serta tetap memperhatikan unsur keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” lanjutnya.

Diingatkan bahwa akses gratis ini hanya untuk ruas Balikpapan-Samboja yang baru saja diresmikan. Sedangkan untuk ruas Samboja-Samarinda pengendara pengendara dikenakan tarif mengingat ruas ini  telah lebih dulu beroperasi dan bertarif pada Juni 2020.

Tol Balikpapan-Samarinda

Diresmikan pada Selasa, (24/8/2021) Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 (Balikpapan-Samboja) melengkapi Seksi 2, 3, dan 4 (Samboja-Samarinda) yang telah beroperasi lebih dulu.

Jalan tol ini memiliki panjang hampir 100 Km serta terhubung langsung dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan.

>>> Tarif Tol Balikpapan-Samarinda, Berlaku Mulai 14 Juni 2020

Foto Peresmian jalan Tol Balikpaan-Samarinda

Jalan tol pertama di Kalimantan diresmikan dan beroperasi penuh

Pembangunannya dibagi menjadi 5 seksi, yaitu:

  • Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 Km),
  • Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 Km),
  • Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km),
  • Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 Km)
  • Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 Km).

Sebagai penunjang kenyamanan terdapat dua rest area tipe A yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB), masing-masing rest area berada di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda.

Dengan beroperasinya tol secara penuh diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Disarankan juga kepada pengendara untuk mematuhi aturan yang ada, seperti tidak melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan bahu jalan untuk menyalip atau berhenti kecuali darurat, dan tidak menggunakan lajur kanan kecuali untuk mendahului.

Foto menunjukkan Antrean kendaraan di GT Manggar Tol Balikpapan-Samarinda

Warga antusias menjajal jalan tol baru

>>> Tinggal di Kota Balikpapan, temukan mobil impianmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top