Tiru DKI, Pemkot Tangerang Selatan Wajibkan SIKM

03/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tiru DKI, Pemkot Tangerang Selatan Wajibkan SIKM
Warga non-Jabodetabek dan non Provinsi Banten diwajibkan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) jika ingin beraktivitas di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Ada peningkatan pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang bakal berlangsung hingga 14 Juni mendatang. Pemerintah Kota (Pemkot) secara resmi mewajibkan warga yang tidak ber-KTP Jabodetabek dan Banten memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) jika ingin beraktivitas keluar masuk kota.

Keputusan diambil mengacu pada Peraturan Gubenur Banten Nomor 24 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan COVID-19 di Banten. Dalam Pasal 19 disebutkan setiap orang yang masuk dan keluar di wilayah Banten harus memiliki surat ijin tersebut.

"Di Pergub Ada penjelasan Siapapun yang masuk Keluar Banten harus ada Surat ijin, dan kami sudah membuat Perwalnya. Aplikasinya sama dengan DKI, warga bisa mengakses Di aplikasi Simponie, dan DPMPTSP akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tutur Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat jumpa pers di ruang display Puspemkot Tangsel, Selasa (2/6/2020).

>>> Ini Bedanya PSBB Tangerang Raya Tahap 4 Dengan Sebelumnya

Foto menunjukkan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany

Pemkot Tangsel memberlakukan SIKM

Proses mendapatkan SIKM

Sebagaimana SIKM DKI Jakarta, SIKM Kota Tangerang Selatan diberikan buat warga yang karena tugas dan pekerjaannya, di bidang yg di izinkan untuk beroperasi selama masa Pandemi COVID-19, harus melakukan perjalanan dinas keluar dan/atau masuk wilayah Kota Tangerang Selatan atau Jabodetabek selama masa pandemi COVID-19. Termasuk di dalamnya warga yang perlu bepergian masuk-keluar Kota Tangsel karena kondisi emergency, antara lain seperti sakit atau keluarga meninggal.

SIKM dibagi menjadi 2 yaitu SIKM Perjalanan Berulang (aktivitas rutin selama masa PSBB) dan SIKM Perjalanan Sekali (situasional karena keadaan tertentu).

Permohonan SIKM bisa diakses melalui simponie.tangerangselatankota.go.id dengan alur sebagai berikut:

  1. Melakukan registrasi dengan SIM dan NIK
  2. Memilih jenis izin
  3. Upload dokumen yang disyaratkan
  4. Pengecekan keaslian dokumen
  5. Menunggu persetujuan dan penandatanganan
  6. SK dikirim ke pemohon atau print SK secara mandiri

"Pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran pembatasan kegiatan berpergian keluar dan/atau masuk wilayah Kota Tangerang Selatan atau Jabodetabek selama masa pandemi COVID-19 senantiasa dilakukan oleh Aparatur Pemerintah sesuai dengan kewenangannya berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku."jelasnya.

>>> Persiapan New Normal, Ini Cara Membersihkan Mobil dengan Desinfektan

Foto menunjukkan Alur pembuatan SIKM di Kota Tangerang Selatan

Persiapkan dokumen sebelum mengajukan pembuatan SIKM

Tiru DKI

Diakui kalah prinsip SIKM Kota Tangerang Selatan sama dengan SIKM DKI Jakarta.

"Kita ingin meminimalisir penyebaran virus covid. Karena Kasian Bagi warga yang tidak mudik mereka tertularkan oleh warga yang mudik, sehingga dengan Surat ini sebagai bentuk pencegahan kami Pemkot Tangsel," tutur Kabag Hukum Pemkot Tangsel Ervin Ardani seperti dikutip dari laman resmi Pemkot Tangsel.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top