Tingkatkan Pelayanan, Tol Balikpapan-Samarinda Sediakan 3 Rest Area

20/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tingkatkan Pelayanan, Tol Balikpapan-Samarinda Sediakan 3 Rest Area
Sebanyak 3 rest area disiapkan di jalan Tol Balikpapan-Samarinda dalam upaya memberi rasa nyaman kepada pengendara yang ingin beristirahat melepas kelelahan.

Tiga Seksi jalan tol pertama di calon ibu kota baru Indonesia, Tol Balikpapan-Samarinda sudah beroperasi. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikannya pada 17 Desember 2019 lalu di Gerbang Tol Samboja. Diyakini keberadaan tol tersebut bakal memberi banyak kemudahan dalam mobilitas dan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tol sepanjang 99 km ini terhubung langsung dengan Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

"Biasanya Balikpapan-Samarinda sebaliknya membutuhkan waktu 3 jam pulang pergi, nantinya cuma satu jam atau satu jam seperempat lebih sedikit, sehingga nanti efisiensi benar-benar didapatkan," tutur Presiden dalam sambutannya saat peresmian, (17/12/2019).

Foto saat Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Presiden RI Joko Widodo resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, pada 17 Desember 2019

Pengendara dihimbau berhati-hati

Meski sudah diresmikan sebagian dan sudah bisa digunakan, Pemerintah menghimbau pengendara yang ingin melintas di Tol Balikpapan-Samarinda untuk berhati-hati dan waspada terhadap berbagai kondisi.

Pertama; pastikan kondisi kendaraan benar-benar prima, meliputi kondisi mesin, kondisi ban, sistem pengereman dan yang lain. Selain itu juga dihimbau juga untuk mengecek saldo uang elektronik dan memastikannya terisi cukup. Kedua; pastikan tubuh dalam kondisi sehat serta fit. Pengendara dihimbau tidak memaksakan diri terus berkendara dalam kondisi mengantuk atau kelelahan.Ketiga; tetap berkendara secara beretika dan taat aturan.

>>> Ini Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman

Rest Area

Gambar Denah Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda

Ada Jalan Tol, jarak tempuh Balikpapan ke Samarinda atau sebaliknya bisa lebih singkat

Pengelola jalan Tol Balikpapan-Samarinda menyediakan 3 rest area yaitu di KM 26A dan KM 36A (menuju Samarinda), serta satu di KM 26B (dari Samarinda). Pengendara bisa memanfaatkan ketiganya untuk beristirahat dan memenuhi kebutuhan lain. Sebagai rest area tipe A, ketiganya memiliki fasilitas lengkap, meliputi bengkel, resto, kios, ATM, pengisian e-Toll, toilet, klinik kesehatan, minimarket, masjid/musholla, SPBU, ruang terbuka hijau, parkir luas dan lainnya.

Badan Pengatur Jalan Tol dan Kementerian PUPR terus mendorong seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk dapat memenuhi dan meningkatkan pelayanan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) / Rest Area.

Kelengkapan fasilitas, kebersihan, kerapihan dan komposisi ruang usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Penyediaan ruang usaha di TIP diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat sekitar untuk mempromosikan brand dan produk lokal, termasuk kuliner.

>>> Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Diresmikan, Ibu Kota Baru Punya Tol Pertama

Foto menunjukkan Rest Area KM 36 Tol Balikpapan-Samarinda dengan bangunan masjid megah

Manfaatkan rest area untuk beragam kebutuhan

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top