Tilang Elektronik di Bekasi Segera Diberlakukan

23/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Tilang Elektronik di Bekasi Segera Diberlakukan
Pihak Polres Metro Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah mengkaji tentang akan diberlakukannya tilang elektronik di Bekasi. Ada tiga titik ruas jalan yang rencananya bakal dipasang kamera CCTV ETLE.

Setelah Surabaya dan Semarang, Bekasi juga berencana menerapkan mekanisme tilang elektronik untuk pengendara motor dan mobil yang melanggar peraturan lalu lintas. Sistem peraturan lalu lintas bernama lain Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) itu akan diterapkan oleh Polres Metro Bekasi.

>>> Setelah Jakarta dan Surabaya, Tilang Elektronik di Semarang Mulai Dilakukan

Sama seperti sistem ETLE di kota-kota lain di Indonesia, tilang elektronik di Bekasi juga akan menggunakan alat pemantau berupa kamera CCTV (Circuit Close Television). Nantinya kamera ini akan dipasang di beberapa titik di ruas jalan Bekasi.

Demi Menekan Angka Kecelakaan

kawasan pemberlakuan tilang elektronik

Setiap pelanggar peraturan lalu lintas akan diawasi kamera CCTV

>>> Promo mobil baru termurah se-Indonesia ada disini

Peraturan baru tersebut diwacanakan oleh pihak kepolisian Bekasi bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. "Tilang elektronik ini diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan di wilayah Bekasi," tutur Kombes Hendra Gunawan, Kapolres Metro Bekasi.

Ia menjelaskan, pada 2019 lalu, pihak kepolisian Bekasi mencatat angka kecelakaan jalan raya meningkat tajam dibanding 2018. Jika pada tahun sebelumnya ada 675 kecelakaan jalan raya, maka di 2019 menjadi 806 kasus kecelakaan. Angka ini berarti naik sekitar 16,25 persen.

Ada Tiga Lokasi Titik Jalan

kamera CCTV tilang elektronik

Penerapan ETLE ini mengikuti peraturan yang sama di Jakarta, Surabaya, dan Semarang

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Kombes Hendra juga mengungkapkan, nantinya tilang elektronik akan diterapkan di tiga titik ruas jalan di Bekasi. Satu diantaranya di kawasan Sentra Grosir Cikarang. Namun ia belum bisa memastikan untuk dua titik lagi yang akan menerapkan mekanisme peraturan baru tersebut.

Ia juga menambahkan kalau saat ini semua proses mengenai tilang elektronik sedang dibahas oleh berbagai stake holder. Termasuk juga dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Pengadilan Negeri Bekasi dan Kejaksaan Negeri Bekasi. Tak terkecuali pihak pengembang untuk proses pemasangan kamera CCTV yang dibutuhkan.

Semuanya kata dia, demi merumuskan dengan tepat bagaimana nantinya untuk mekanisme sanksi dan pembayaran denda dari para pengguna kendaraan bermotor yang tertangkap kamera CCTV ETLE.

>>> Berita otomotif paling update cuma ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mulai Besok, Tilang Elektronik di Surabaya Siap Diterapkan

07/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Mulai besok, 8 Januari 2020, tilang elektronik di Surabaya akan diuji coba. Pemerintah Kota Surabaya pun sudah menyiapkan 757 unit CCTV di setiap titik ruas jalan di kota tersebut.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

28/11/2019

Pengemudian

5 menit

Setelah disejumlah ruas jalan protokol, tilang elektronik di jalan tol juga sudah berlaku. Bahkan titik-titik kamera dipasang pada ruas jalan yang menghubungkan antara Jakarta dengan kota-kota lain disekitarnya.

Lihat juga

Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Tilang Elektronik

01/08/2019

Pengemudian

5 menit

Sejak diberlakukan awal bulan ini, sistem e-TLE (Electronic Traffic Law Enforcment) menjadi cara efektif untuk menangani pelanggar lalu-lintas. Bagi Anda yang sudah terkena sistem tilang elektronik, bagaimana cara mengurusnya?

Lihat juga

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Pilihan Menarik Dibanding LCGC Baru?

20/11/2019

Editor rate:

Suzuki Ertiga GL AT 2016 bisa menjadi pilihan mobil keluarga yang nyaman yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Low MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini memiliki kabin yang cukup lapang cocok untuk dibawa di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.

Lihat juga

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R & Promo terbaru Oktober 2020

01/10/2020

Suzuki

Mesin yang irit, ruang kabin yang lega dan harga terjangkau sudah menjadi bagian Suzuki Karimun Wagon R. Inilah daftar harga Suzuki Karimun Wagon R bulan ini.

Lihat juga
 
back to top