Tilang Elektronik Berlaku Untuk Pelat B, Bagaimana Dengan Yang Lain

03/07/2019
Polda Metro Jaya menegaskan tilang elektronik diberlakukan untuk kendaraan pelat B. Meski demikian kendaraan lain yang melakukan pelanggaran tetap bakal ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bebarengan dengan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 tanggal 1 Juli 2019, Polda Metro Jaya meningkatkan pemberlakukan tilang elektronik atau  Elektronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dengan memperkenalkan fitur baru kamera CCTV. Fitur ini diklaim mampu mendeteksi perilaku pengemudi yang melakukan pelanggaran seperti menggunakan handphone dan tidak memakai sabuk pengaman. Selain itu, Polda Metro Jaya juga menambah beberapa lokasi tilang elektronik untuk lebih banyak memantau pengguna jalan sehingga setiap pelanggaran dapat diketahui.

>>> Surat Tilang Bertuliskan “Te amo”, Seorang Wanita Ditilang Karena “Terlalu Cantik”

Foto menunjukkan rambu-rambu Petunjuk kawasan tilang elektronik

Gencarkan tilang elektronik, Polda Metro Jaya tambah CCTV baru di beberapa titik

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir, tilang elektronik ini berlaku untuk kendaraan dengan pelat nomor B alias wilayah Jakarta dan sekitarnya baik sepeda motor maupun mobil. Kendati demikian bukan berarti kendaraan pelat non B yang melakukan pelanggaran lalu lintas bakal bebas dari sanksi. Pelanggar tetap bakal ditindak sesuai aturan yang berlaku, namun dilakukan secara manual.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri, karena semua data kendaraan bermotor di Indonesia tercatat semua di Korlantas Polri," tutur Kompol Nasir seperti dikutip dari Kompas, (2/7/2019).

Mengapa tidak diberlakukan untuk semua kendaraan? Kompol Nasir menjelaskan, semestinya tilang elektronik diberlakukan untuk seluruh pelat nomor kendaraan dan bukan pelat B saja. Namun karena persentasenya terlalu sedikit tilang cukup dilakukan dengan cara manual. Nanti jika sudah diputuskan oleh Korlantas Polri tilang elektronik bisa diberlakukan juga untuk kendaraan dengan pelat nomor non B.

>>> Memprihatinkan, 6 Rambu Lalu Lintas Ini Paling Sering Diabaikan

"Menunggu keputusan dari Korlantas Polri dulu. Rencana itu sudah sesuai dengan target kita bahwa bukan hanya pelat B saja tetapi semuanya bisa ditilang melalui sistem elektronik," jelas Nasir.

Foto salah satu titik lalu lintas yang diawasi dengan kamera CCTV

Tilang elektronik berlaku untuk kendaraan pelat nomor B

Kesimpulan, meski bukan termasuk sasaran yang terkena tilang elektronik, pengemudi kendaraan dengan pelat nomor B sebaiknya tetap patuh para aturan dan tidak melanggar. Bukan hanya agar tidak ditilang, tapi lebih penting dari itu adalah untuk keselamatan diri sendiri serta pengguna jalan lain.

>>> Berita mobil terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain