Tikus Gigit Kabel Mobil Listrik, Biaya Perbaikannya Sampai Rp 72,5 Juta

28/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jangan main-main dengan masalah tikus gigit kabel mobil listrik. Seorang pemilik Tesla di AS harus merogoh kocek hingga Rp 72,5 juta karena masalah tersebut.

Tikus merupakan momok bagi setiap pemilik mobil bukan tanpa sebab karena hewan pengerat ini bisa memakan bagian interior  hingga ke ruang mesin mobil. Seperti yang dialami oleh Sarah William, seorang dokter yang tinggal di Manhattan harus mengeluarkan uang cukup dalam untuk memperbaiki kabel Tesla yang digigit tikus.

>>> Kalau Dijual Sekarang Harga Tesla Cybertruck Bisa Lebih dari Rp 14 Miliar

Gambar menunjukan Tikus di mobil

Mobil yang kotor bisa jadi rumah untuk tikus

Biaya Perbaikan Tikus Gigit Kabel Mobil Listrik

Wanita yang berusia 41 tahun itu biasa menggunakan Tesla Model 3 miliknya untuk bekerja pada tahun 2018 silam. Namun pada akhir Mei ia memiliki kendala AC-nya mobilnya tidak bisa menyala. Kemudian dia membawa mobil listriknya itu ke bengkel dan menemukan seekor tikus di kamperteman sarung tangan Tesla Model 3 miliknya.

"Mereka membuka kompartemen sarung tangan dan seekor hewan pengerat jatuh," kata Sarah William dikutip dari Carbuzz. Ia melanjutkan bahwa menemukan fakta tikus yang jadi penyebab masalah merupakan fakta yang gila.

Hama itu tampaknya menemukan jalannya ke Tesla milik Sarah dan melahap beberapa kabel internal yang menurut para kritikus cukup menarik bagi hewan pengerat. Tagihan karena kerusakan tersebut mencapai US$ 5.000 atau sekitar Rp 72,5 juta. Tapi setelah dua bulan mobil listrik miliknya masih juga belum selesai diperbaiki.

Atas kejadian ini Tesla tidak mau bertanggung jawab tentang apa yang dialami oleh Sarah. Menurut Tesla terlalu banyak hal diluar kendali perusahaan dan itu tidak masuk dalam klaim garansi.

"Penggunaan bahan ini tidak akan dianggap sebagai cacat dalam desain atau penggunaan. Mengingat ada terlalu banyak faktor di luar kendali Tesla, kami tidak dapat menutupinya dengan garansi atau perbaikan," kata Tesla menanggapi kejadian tersebut.

>>> Tesla Model 3 Terobos Banjir Setinggi Kaca Mobil, Gimana Caranya?

Gambar menunjukan Mesin mobil

Tikus menyukai tempat gelap yang kurang pencahayaan

Cara Mengusir Tikus Agar Mobil Aman

Fakta bahwa tikus-tikus suka bersarang di dalam kap mesin mobil bukan tanpa alasan. Tikus menyukai tempat gelap yang kurang pencahayaan. Penyebab lain mengapa tikus suka bersarang di kap mesin mobil ialah karena banyak kabel di dalamnya. 

Tikus yang masuk ke dalam kap mesin mobil bisa membuat kabel kelistrikan terbuka karena gigitan tikus. Parahnya kelistrikan mobil bisa jadi rusak. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tikus di kap mesin mobil. Dilansir dari laman Auto2000 Anda bisa pasang lampu LED, gunakan kapur barus, cairan anti tikus hingga jaga bersihkan kap mesin mobil, 

>>> Tips Mengemudi Aman di Malam Hari

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top