Tidak Sekedar Catat Pelanggar Lalin, Ini Fungsi Lain Kamera Tilang Elektronik

23/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tidak Sekedar Catat Pelanggar Lalin, Ini Fungsi Lain Kamera Tilang Elektronik
Peluncuran E-TLE nasional merupakan bagian agenda 100 hari kerja Kapolri baru. Selain catat pelanggaran lalin di bawah ini fungsi lain kamera tilang elektronik.

Penerapan program tilang elektronik atau E-TLE secara nasional yang serentak akan digelar hari ini (23/3/2021). Penerapan tersebut bukan hanya berguna untuk melainkan mencatat pelanggaran lalu lintas di jalan. Tetapi E-TLE  juga bisa merekam dan menindak para pelaku kejahatan lalu lintas.

>>> Tilang Elektronik Kian Canggih, Pelanggar Lalu Lintas Bisa Ditindak Dimanapun

Gambar menunjukan Tilang elektronik

E-TLE belum lama ini berhasil menindak kasus kejahatan tabrak lari 

Berhasil Ungkap Kasus Kejahatan 

Sekretaris Satgas E-TLE Nasional Korlantas Polri, Kombes Abrianto Pardede mengatakan kasus kejahatan lalu lintas yang bisa ditindak seperti yang baru saja terjadi kasus tabrak lari di bundaran HI, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Menurutnya, pengungkapan kasus tersebut murni karena kecanggihan E-TLE.

Tak hanya itu, kecanggihan E-TLE juga mendeteksi apabila pengguna kendaraan bermotor menggunakan nomor polisi palsu atau tidak sesuai dengan kendaraannya.

“Sehingga diharapkan para pengendara jangan sekali-kali melakukan kejahatan di jalan, dan budayakan tertib berlalu lintas,” kata Kombes Pol Abrianto Pardede seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

>>> Selain Jakarta Kamera Tilang Elektronik Juga Bakal Ada di Depok dan Bekasi

Gambar menunjukan Tilang elektronik

Penerapannya akan terhubung dengan big data Korlantas Polri 

Terhubung dengan Big Data Korlantas Polri

Kasubditdakgar Korlantas Polri itu juga menjelaskan, penerapan E-TLE nasional di 12 Polda ini sudah terintegrasi dengan E-TLE Nasional yang ada di Korlantas Polri. Sehingga, dalam penerapannya akan terhubung dengan big data Korlantas Polri yang meliputi data ERI Nasional, data base SIM, E-Tilang, TAR, E-Turjawali.

“Sehingga masing-masing ke-12 Polda tersebut dapat melakukan penindakan nopol di luar daerah. Sebagai contoh kepolisian di Yogyakarta bisa menindak pelanggar berplat “B” atau kendaraan Jakarta dan sebaliknya,” ujarnya.

Dalam melakukan penindakan kepada pelanggar lalu lintas, ia menyebut ETLE tidak pandang bulu dan pilih kasih, baik masyarakat sipil, pemerintahan bahkan TNI/Polri, menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas, apabila melakukan pelanggaran dan tertangkap kamera E-TLE akan diberikan surat konfirmasi yang dialamatkan ke Satuan Provost di masing-masing instansi tersebut untuk dilakukan penindakan disiplin.

“Dengan diterapkan penindakan pelanggaran dengan ETLE diharapkan disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas lebih baik dan tertib, untuk mengurangi terjadinya kemacetan dan mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena kemacetan dan kecelakaan lalu lintas pasti diawali dari adanya pelanggaran lalu lintas,” tandasnya.

>>> Kenali Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top