Tidak Hanya Smart Key, Fitur Immobilizer Juga Banyak Dipakai Kunci Manual

31/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tidak Hanya Smart Key, Fitur Immobilizer Juga Banyak Dipakai Kunci Manual
Fitur Immobilizer bagai tak terpisah dengan Smart Key. Tahu tidak kalau mobil dengan kunci manual saat ini juga banyak punya fitur keamanan canggih tersebut.

Semakin kesini sistem keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu yang sangat diperhatikan produsen mobil. Jenisnya juga makin banyak dan beragam serta makin canggih. Misal, dulu penguncian mobil hanya bisa dilakukan menggunakan anak kunci. Sekarang sudah menggunakan remote atau bahkan otomatis. Begitu pula saat membuka kunci, juga dilakukan jarak jauh dengan menekan tombol buka pada remote atau bahkan otomatis.

Foto seseorang Membuka mobil dengan remote control

Semakin canggih, membuka mobil bisa dari jarak jauh

Fitur Immobilizer

Yang terbaru juga lebih canggih, untuk menghindari tindak pencurian mobil kini dilengkapi fitur keamanan yang disebut Immobilizer atau sistem pendeteksi kunci. Ketika kunci tidak dikenali oleh sistem di ECU mobil, mesin tidak akan bisa dihidupkan. Jadi, mau pakai kunci duplikat apapun tidak akan berfungsi.

Kebanyakan Immobilizer terpasang pada mobil-mobil yang memiliki fitur Smart Key. Smart Key buat kenyamanannya karena pengendara tidak perlu mencolokkan anak kunci ke lubang kunci untuk menghidupkan mesin. Cukup dengan menekan tombol Engine Start Stop untuk menghidupkan mesin. Sedangkan Immobilizer untuk keamanannya, sebab jika kunci tidak dikenali mesin mobil juga tidak bisa dihidupkan meski tombol dipencet berulang-ulang.

>>> Mencegah Mobil Kemalingan, Begini Cara Kerja Fitur Keamanan Immobilizer

Gambar salah satu Indikator Immobilizer

Ada Immobilizer, mobil lebih aman

Namun untuk saat ini, mobil tanpa Smart Key juga sudah banyak yang menyematkan fitur Immobilizer, misalnya Toyota Calya, Honda Brio, Honda Mobilio, dan Wuling Confero S. Bahkan mobil yang tidak punya remote control untuk membuka menutup pintu juga ada yang pakai Immobilizer, seperti Suzuki New Carry. Selain meningkatkan keamanan seperti tersebut di atas, fitur ini cukup mampu meningkatkan nilai jual kendaraan.

Mengetahui Fitur Immobilizer

Secara penampilan sulit dibedakan kunci manual dengan Immobilizer dengan kunci tanpa Immobilizer. Namun ada beragam cara untuk mengetahui keberadaan fitur Immobilizer. Pertama; bertanya ke diler langsung. Kedua; melihat indikator Immobilizer yang ada pada speedometer atau layar MiD. Dan ketiga; mencari informasi melalui internet. Cara ketiga ini yang paling mudah dan tidak terlalu menyita waktu.

>>> Review Wuling Confero S 1.5L Lux+, Harga Terjangkau Fitur Melimpah

Suzuki Carry, sudah dilengkapi Immobilizer

>>> Klik di sini untuk menyimak berita mobil terupdate lainnya

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top