The Power of Women dari Bertha Benz, Pengemudi Mobil Pertama di Dunia

31/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
The Power of Women dari Bertha Benz, Pengemudi Mobil Pertama di Dunia
Berbeda dari anggapan kebanyakan orang, ternyata pengemudi mobil pertama adalah seorang wanita. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Mercedes-Benz.

Ungkapan ‘emak-emak bermotor’ bisa dibilang paradigma jelek dari stereotipe perempuan yang tidak becus di balik kemudi. Tapi jangan salah, di dunia otomotif yang disebut sebagai dunianya kaum lelaki, pengemudi mobil pertama bukan laki-laki, tapi perempuan.

Sejarah ini terekam dalam sejarah Mercedes-Benz. Ketika Karl Benz bertindak dalam sejarah sebagai perancang mobil pertama pada tahun 1888, Sang istri Karl Benz, Bertha Benz merupakan perempuan pertama yang mengendarai Patent-Motorwagen Model III suaminya tanpa izin dan memberitahukannya kepada suaminya.

Gambar yang menunjukan istri Karl Benz, Bertha Benz

Bertha Benz, istri Karl Benz sebagai pengemudi mobil pertama di dunia (foto: Mercedes-Benz)

Dan perjalanannya pun dimulai. Meskipun ilegal, Bertha melakukan perjalanan bersejarah sejauh 106 kilometer menandai pertama kalinya seseorang mengendarai mobil pada jarak yang signifikan. Bertha memiliki satu misi yang sangat penting.

>>> Mobil Konsep Futuristik di Pebble Beach Concours d'Elegance

Ia ingin membuktikan kepada suaminya bahwa mobil yang sudah memakan banyak uang tersebut merupakan sebuah penemuan yang signifikan. Dengan investasi uang yang banyak, Bertha juga yakin bahwa penemuan suaminya akan mendatangkan uang yang banyak.

Gambar yang menunjukan mobil paten pertama dari Mercedes-Benz

Mobil patent pertama yang dibuat oleh Karl Benz (foto: Motor1)​

>>> Ingin membeli mobil baru Mercedes-Benz? Dapatkan informasi lebih lanjut di sini

Bukan hanya Karl Benz, tapi Bertha juga merupakan seorang teknisi handal. Ia memiliki kemampuan teknis yang bagus dan memperbaiki sejumlah masalah mekanis selama perjalanan. Bertha harus berhenti di kota Wiesloch dan membeli bahan bakar tambahan dari seorang ahli kimia lokal. Dan sejarah ini menandai penemuan pom bensin pertama di dunia.

Dari video yang dirilis baru-baru ini oleh Mercedes-Benz, menunjukan momen penting dari perjalanan bersejarah tersebut. Bertha harus menggunakan garter atau penahan stokingnya sebagai bahan isolasi dan membersihkan saluran bahan bakar yang tersumbat dengan pin topi miliknya.

>>> Dapatkan berita mobil baru dalam dan luar negeri hanya di Cintamobil

Mercedes-Benz mereka ulang perjalanan Bertha Benz sebagai pengemudi mobil pertama

Mesin mobil pertama tersebut membutuhkan sejumlah besar air untuk pendinginan. Hal ini membuat Bertha dan putranya Richard dan Eugen – masing-masing berusia tiga belas dan lima belas tahun – harus menyuplai air setiap kali mereka berhenti. Richard dan Eugen bahkan harus mendorong kendaraan karena kurangnya kekuatan kendaraan.

Akhirnya Bertha mencapai tujuan akhirnya dan memberitahu suaminya tentang perjalanan dengan mobil pertama yang sukses melalui telegram. Setelah beristirahat, Ia kembali beberapa hari kemudian dan sejarah telah mencatatnya sebagai perempuan dan pengemudi pertama sepanjang sejarah.

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

 

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.