Thailand Targetkan untuk Produksi 750.000 Mobil Listrik di Tahun 2030

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Thailand Targetkan untuk Produksi 750.000 Mobil Listrik di Tahun 2030
Pemerintah Thailand Berencana untuk hadirkan 750.000 mobil listrik di tahun 2030. Itu berarti 30% dari total volume industri di Thailand akan menjadi EV.

Thailand ingin meningkatkan produksi kendaraan listrik hingga 30% dari total volume industri (TiV) selama 10 tahun ke depan. Dalam rencana ini, mobil, motor, dan bus merupakan bagian dari strategi ini untuk memangkas tingkat polusi udara berbahaya yang melanda di negara berjuluk Gajah Putih tersebut.

>>> Siapa Penasaran? Begini Lho Wujud Dealer Esemka di Boyolali!

Gambar menunjukan Mobil listrik

Pemerintah Thailand sangat berambisi industri mobil menjadi EV

Dalam Jangka Pendek Thailand Ingin Miliki 10.000 EV

Menteri Perindustrian Suriya Juangroongruangkit, telah menguraikan tujuan dari rencana pengembangan industri electric vehicle (EV)  di Thailand  dengan menyatakan bahwa dalam jangka pendek, tujuannya adalah untuk menghasilkan lebih dari 60.000 hingga  110.000 EV, termasuk bus umum dan sepeda motor listrik. Sedangkan sasaran jangka menengah mampu menghasilkan sekitar 300.000 EV dan bus kota pintar.

Sedangkan target jangka panjangnya mampu memproduksi 750.000 EV dari total 2,5 juta mobil yang dibuat setiap tahun pada tahun 2030. Suriya mengatakan kementerian perindustrian akan mempercepat peningkatan kualitas EV dan mempelajari pedoman untuk pengembangan industri EV yang  berkelanjutan, termasuk mempromosikan daur ulang untuk mencapai mekanisme manajemen kendaraan yang sistematis.

Suriya juga mengatakan bahwa rencana ini juga akan melibatkan skema tukar tambah yang akan terbuka untuk semua jenis model mobil, termasuk EV, dan akan berjalan selama lima tahun yang akan membantu memulihkan industri otomotif Thailand. “Ini adalah proyek cepat untuk membantu produsen mobil dan bisnis terkait yang hancur akibat dampak Covid-19. ” katanya seperti dikutip dari Paultan Rabu (2/9).

>>> [INFOGRAFIK] 5 Tips Memaksimalkan Pengaturan AC di Dalam Mobil

Gambar menunjukan Mobil listrik Honda

Pemerintah Thailand bebeskan  bea masuk untuk mobil dan mesin mobil listrik

13 Produsen Mobil Diberikan Hak Istimewa

Melalui langkah ini diharapkan mobil listrik semakin populer di Thailand karena merupakan salah satu target industri yang didukung oleh pemerintah. Pada Maret 2017, Thai Board of Investment (BoI) telah memberikan hak istimewa untuk pembuat komponen mobil yang mencakup tiga jenis mobil listrik yaitu hybrid, plug-in hybrid, dan bertenaga baterai.

Hak istimewa tersebut termasuk pembebasan pajak lima hingga delapan tahun serta pembebasan bea masuk untuk mobil dan mesin EV. Hak istimewa manufaktur tersebut diberikan kepada 13 perusahaan, termasuk Toyota, Honda, Nissan, Mazda, Mercedes-Benz, BMW, SAIC Motor-CP, FOMM, Mitsubishi, dan Mine Mobility.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Nissan Bocorkan Z Proto, 400Z Versi Produksi?

02/09/2020

Mobil baru

4 menit

Belum lama, beredar rumor seputar Nissan 400Z yang baru rilis akhir tahun 2020. Tak lama berselang, pabrikan Jepang itu memberi teaser Z Proto yang akan diperkenalkan pertengahan bulan ini.

Lihat juga

Lebih Agresif, Facelift Peugeot 3008 2021 Punya i-Cockpit Baru

02/09/2020

Mobil baru

2 menit

Baru saja mendapatkan pembaruan di Indonesia, facelift Peugeot 3008 akhirnya diperkenalkan di Eropa dengan desain baru dan peningkatan pada fitur i-Cockpit.

Lihat juga

Dibanderol Rp 125 Juta, Ini Sederet Rival dari Esemka Bima

02/09/2020

Pasar mobil

4 menit

PT SMK telah merilis pickup Esemka Bima yang dibanderol Rp 125 juta On The Road Jawa. Dengan harga tersebut, siapa saja yang menjadi pesaing berat Bima?

Lihat juga

Mengintip Spesifikasi Esemka Bima 1.3L

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil Esemka Bima 1.3 buatan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Boyolali jadi model paling laris di Indonesia dan paling banyak diproduksi. Berikut spesifikasinya!

Lihat juga

Canggih! Toyota Punya Mobil Penangkal Virus Corona

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota dan Softbank melalui usaha patungannya Monet hadirkan mobil penangkal virus Corona. Berbasiskan Toyota Hiace, mobil ini jadi punya banyak fungsi.

Lihat juga