Thailand Beri Kupon Diskon Biar Penjualan Mobil Moncer Lagi

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Thailand Beri Kupon Diskon Biar Penjualan Mobil Moncer Lagi
Pemerintah Thailand berencana untuk memberikan kupon diskon tukar tambah bagi pemilik mobil pribadi. Cara ini dipercaya ampuh tingkatkan penjualan mobil.

Beragam cara dilakukan oleh sejumlah negara untuk menstimulasi penjualan mobil di wilayah domestik. Di Thailand misalnya, Kementerian Perindustrian bersama dengan Kementerian Keuangan bakal meluncurkan kupon tukar tambah senilai 100.000 baht atau setara Rp 47 jutaan untuk masing-masing pemilik mobil pribadi. 

Kupon itu juga bisa digunakan oleh para pemilik mobil untuk memangkas pajak kepemilikan kendaraan. Dilansir Bangkok Post, Selasa (1/9/2020), otoritas setempat memprediksi skema ini dapat meningkat permintaan akan mobil. 

>>> Digelar saat Pandemi, Bangkok Motor Show 2020 Sedot 1 Juta Pengunjung

Sekaligus Jadi Cara Jitu Tingkatkan Penjualan Mobil Thailand

Seperti negara-negara lainnya, Thailand juga tak luput dari hantaman pandemi Covid-19.

Melalui pemberian kupon diskon diharapkan penjualan mobil Thailand bisa bergairah lagi. Tak cuma itu, langkah ini juga diambil untuk mengurangi emisi dari mobil-mobil tua. 

Menteri Perindustrian Thailand Suriya Jung-rungreangkit menyebut pihaknya bakal mendiskusikan rencana tersebut dengan Menteri Keuangan guna menentukan kepastian besaran kupon diskon tersebut. Nantinya proyek itu akan disampaikan ke kabinet dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan. 

Penjualan mobil di Thailand

Diharapkan bisa kembali menggairahkan penjualan mobil Thailand

Dalam data yang dirilis Departemen Transportasi Darat Thailand, ada 3 juta mobil yang terdaftar. 3 juta mobil yang terdaftar itu masih mengusung mesin konvensional berbahan bakar bensin dan sudah digunakan selama lebih dari 15 tahun. 

Suriya juga menyebut, kupon tukar tambah ini akan diberikan untuk semua pemilik mobil dan tak terbatas pada model tertentu. Mobil listrik pun termasuk di dalamnya. Dengan demikian, penjualan mobil Thailand bisa berangsur membaik. 

Proyek ini direncanakan akan berlangsung selama lima tahun. Tapi justru jangka waktu lima tahun terbilang lama untuk masa pemulihan di industri otomotif. 

"Ini merupakan cara cepat untuk membantu para pabrikan dan bisnis serupa pulih karena terimbas dari Covid-19," ungkap Suriya. 

>>> Thailand Catat Penjualan Mobil Terbanyak di ASEAN, Indonesia Kedua

Thailand Gencar Soal Penjualan Mobil Listrik

Suriya juga memprediksi bahwa mobil listrik akan lebih populer nantinya karena memang ini merupakan target dari industri otomotif di Negeri Gajah Putih. 

Thailand sendiri telah menargetkan adanya peningkatan dalam industri mobil listrik dengan proporsi produksi hingga 30 persen atau setara 750.000 unit dari 2,5 juta mobil baru yang diproduksi tahun 2030. 

Penjualan mobil di Thailand

Thailand menargetkan bisa memproduksi 30% mobil listrik dari total produksinya keseluruhan

Sebagai informasi, pada tahun 2017 pemerintah Thailand telah merilis sejumlah kebijakan bagi produsen mobil dan juga spare part yang memproduksi hybrid, plug-in hybrid, dan juga baterai. 

Kebijakan ini salah satunya adalah pembebasan pajak dalam kurun waktu 5-8 tahun serta pembebasan bea impor bagi mobil dan mesin pengusungnya. 

>>> Jangan lupa klik di sini untuk tahu berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Di Thailand, Penjualan Hilux Mirip Toyota Avanza

30/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Bila di Indonesia penjualan Toyota Avanza kerap menjadi yang terlaris, berbeda halnya dengan Thailand. Di Thailand, model Hilux justru cukup laris manis.

Lihat juga

Toyota Yaris 2020 Rilis di Thailand, Dilengkapi Safety Sense

22/08/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota Yaris mendapatkan penyegaran kedua untuk pasar Thailand. Fitur baru yang cukup menarik di model tahun 2020 adalah Safety Sense yang baru kali pertama di mobil kompak ini.

Lihat juga

Baru Meluncur Di Indonesia, MG ZS Sudah Dapat Facelift di Thailand

28/03/2020

Mobil baru

5 menit

Baru sekitar 4 hari yang lalu MG ZS diluncurkan oleh MG Motor Indonesia ke Tanah Air melalui online streaming, eh ternyata mobil ini sudah dapat facelift

Lihat juga

Honda Jazz Baru Resmi Meluncur di Thailand

24/05/2017

Mobil baru

6 menit

Honda Jazz baru akhirnya resmi dijual di Jepang. Setelah Jepang, kini Honda Jazz meluncur di Thailand.

Lihat juga

Sukses di Indonesia, Mitsubishi Xpander Merantau ke Thailand

20/08/2018

Pasar mobil

5 menit

Setelah sukses memberikan dampak besar bagi segmen Low MPV di Indonesia, Mitsubishi akhirnya memperkenalkan Mitsubishi Xpander di Thailand, Sabtu (18/8) lalu.

Lihat juga