Tetap Melejit Di Tengah Lesunya Pasar SUV, Yuk Kita Intip Sejarah Toyota Rush

24/10/2019

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Tetap Melejit Di Tengah Lesunya Pasar SUV, Yuk Kita Intip Sejarah Toyota Rush
Penjualan salah satu model SUV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota All New Rush tahun 2019 ini tercatat mengalami peningkatan di tengah menurunnya animo pasar otomotif di segmen Medium SUV. Kesuksesan ini tak lepas dari sejarah Toyota Rush sebagai salah satu model yang menjadi pelopor dimulainya trend SUV di Indonesia.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen Medium SUV pada periode Januari – Agustus 2019 tercatat menurun sebesar 6,21% dibandingkan periode yang sama tahun 2018 lalu. Namun yang istimewa, penjualan All New Rush pada periode yang sama tersebut justru meningkat 27,69% dibandingkan tahun lalu. 

Sejarah Toyota Rush dimulai saat pertama kali hadir pada Desember 2006 dan terus berkembang menjadi Medium SUV populer di Tanah Air dengan angka penjualan menyentuh lebih dari 356.000 unit hingga September 2019 ini. Berdasarkan catatan PT TAM sendiri, All New Rush mencatatkan angka wholesales 5.737 unit pada September 2019.

Salah satu kunci suksesnya penjualan Toyota Rush adalah karena pengembangan kembaran Daihatsu Terios ini memang disesuaikan sepenuhnya dengan kondisi lalu-lintas dan jalanan Tanah Air serta kebutuhan konsumen otomotif Indonesia.

generasi pertama Toyota Rush berwarna biru
Generasi pertama Toyota Rush yang diperkenalkan tahun 2006

Bermodalkan desain sporty dan dinamis, tampilan gagah terbaca dari postur tinggi besar dan pilihan mesin 4-silinder 1.500 cc yang efisien. Sosoknya yang kompak serta tawaran kepraktisan untuk diajak menjelajah di perkotaan maupun berpetualang hingga ke pedesaan, bisa dibilang menjadi daya tarik yang membuat penjualannya tetap stabil.

Facelift pertama dan kedua

Tahun 2009 menjadi kali pertama Toyota Rush mendapatkan sentuhan penyegaran. Tampilan eksterior mendapatkan sentuhan baru dengan adanya ornamen tambahan pada grille serta rumah foglamp yang mendapatkan bingkai chrome. Bagian bumper depan dan belakang juga mendapatkan sentuhan bumperguard. Di awal tahun 2010, pilihan Toyota Rush G bertransmisi otomatis mulai dipasarkan.

facelift pertama Toyota Rush berwarna biru

Facelift pertama Toyota Rush yang dipasarkan pada 2010

Tak puas dengan ubahan minor, Rush kembali bersolek pada Oktober 2010. Grille plastik bersama ornamen bulat dan perubahan slip melintang ke sisi atas grille menjadi penandanya. Foglamp mendapatkan rumah berlapis krom, profil bumper pun ikut berubah. Di bagian samping, kini terdapat lengkungan baru di sisi bawah kedua pintu dan desain pelek yang baru. Di bagian belakang, Rush mendapatkan penggantian lampu belakang bening dan bumper dengan motif baru.

>>> Terios Rush Club Indonesia Masuki Usia ke-12, Kampayekan Pengurangan Sampah Plastik

Varian Toyota Rush TRD Sportivo mulai diperkenalkan pada 2013. Toyota memperkenalkan varian ini sebagai varian tertinggi dengan meningkatkan fitur standar dan keselamatan menggantikan Rush tipe S. Dual SRS airbag dan fitur pretensioner pada sabuk keselamatan disandingkan dengan indikator pengingat pemakaian sabuk keselamatan.

 mobil baru Toyota Rush TRD Sportivo 2013 berwarna putih
Toyota Rush TRD Sportivo diperkenalkan pada 2013

Di bagian eksterior, Rush TRD Sportivo mendapatkan perubahan bumper depan dan belakang, plus penggunaan emblem dan stiker TRD Sportivo. Perubahan pada kabin terlihat dari penggunaan interior berwarna dark grey, mulai dari lingkar kemudi, panel instrumen, trim pintu, dan kursi menggantikan warna grege yang digunakan pada varian Rush di bawahnya.

>>> Tertarik membeli Toyota Rush bekas maupun baru? Ada daftar lengkapnya di sini

Baru pada 2015 facelift kedua dilakukan secara signifikan untuk tampilan yang lebih modern. Terlihat dari grille dan bumper depan dalam efek dual-tone ditambah lampu utama LED dan rumah lampu berwarna hitam. Lampu LED pun menyatu dengan ubahan di bagian belakang serta bumper bawah dan spoiler khusus untuk varian TRD Sportivo. Pelek alloy polished dengan ukuran 16” pun disematkan untuk mempertegas tampilan sporty-nya.

facelift kedua Toyota Rush 2015 berwarna putih 
Tahun 2015 menandai facelift kedua Toyota Rush

Pada Februari 2016, Rush hadir dengan kapasitas 7-penumpang, untuk memenuhi harapan konsumen setianya. Varian tertinggi TRD Sportivo digantikan oleh TRD Sportivo Ultimo, sementara grade yang sebelumnya ditempati TRD Sportivo, menjadi TRD Sportivo 7. Bagi konsumen yang masih menginginkan Rush untuk 5-penumpang tersedia varian Rush G. Untuk menunjang keasyikan berkendara, TRD Sportivo Ultimo mendapatkan penggantian suspensi depan-belakang dengan New Shock Absorber dan Coill Spring Dual Rate racikan TRD untuk memberikan kenyamanan dan performa stabilitas.

>>> Review Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T 2016: Versi Pamungkas Dan Tertinggi Toyota Rush Berkonde

Generasi Terbaru

Sepuluh tahun sejak kemunculannya, Toyota Rush dan Terios akhirnya mendapatkan perubahan total. Racikan desainer Eiji Fujibayashi mengubah eksterior dengan konsep “Modern & Dynamic”. Ubahan terlihat dari lampu LED yang menyatu secara harmonis dengan grille dan bumper sporty. Garis bahu yang lebih berotot berpadu dengan kokohnya pijakan berkat penggunaan pelek alloy 17 inci dibalut ban 215/60 R17.

Selaras dengan desain bagian depan, bagian buritan tampil memukau dengan lampu LED yang mewah dan meninggalkan desain kotak horizontal selaras dengan tren SUV saat ini. Tidak hanya itu, lampu depan dengan teknologi LED reflector ini juga dapat memberikan pencahayaan yang lebih terang dan merata. All New Rush juga hadir dengan fitur Auto Headlamp pada tipe TRD Sportivo.

mobil baru generasi kedua Toyota Rush 2017 berwarna putih

Generasi terbaruToyota Rush dengan penambahan varian pada 2019

Untuk mengakomodir kenyamanan penumpang, terlebih dengan tambahan baris ketiga, All New Toyota Rush mendapatkan tambahan dimensi panjang 230 mm dibanding generasi sebelumnya. Sedangkan ban serep yang sebelumnya terletak di pintu bagasi pun dipindahkan ke bawah.

Konsep desain interior Premium Tough Feeling menawarkan kenyamanan bagi seluruh penumpang, dengan posisi duduk ergonomis. Dasbor TRD Sportivo menganut konsep two-tone dengan panel soft-touch agar tampil lebih mewah dan elegan. Lingkar kemudi model 3-spoke juga memberikan kenyamanan saat digenggam. Di dalam kabin Rush ini terdapat 13 cup-holder yang tersebar dari bangku baris pertama hingga bangku baris ketiga.

>>> Pilihan terbaik Toyota Rush TRD Sportivo ada di sini

Meski dapat mengakomodasi hingga tujuh penumpang, ruang bagasi All-new Rush tetap menawarkan kepraktisan tinggi. Konfigurasi bangku dan ruang di bagasi juga fleksibel, yang memungkinkan bangku baris ke-2 dapat dilipat dengan mudah menggunakan one touch tumble.

Sistem hiburan pada All New Rush semakin optimal dengan head unit berlayar 7”, system konektivitas USB, Bluetooth, iPod/iPhone, Miracast, Weblink (waze access), dan Smart Phone Remote App pada varian TRD Sportivo.

Iterasi baru Rush menawarkan tambahan fitur hiburan dan keselamatan yang tak diberikan pada generasi sebelumnya. Selain 3-point seatbelt dengan enam airbag, kini Rush juga menyediakan Vehicle Stability Control (VSC) yang sebelumnya hanya tersedia pada grade tertinggi SUV bongsor, Toyota Fortuner. Fitur Hill Start Assist pun tersemat untuk mendukung pengendaraan di jalur menanjak.

>>> Intip lagi harga Toyota Rush Terbaru hanya di sini

interior Toyota Rush 2017 berwarna hitam

Bagian dalam Toyota Rush generasi terbaru dengan tampilan modern

Mesin 4-silinder segaris 1.500 cc masih dipertahankan, tetapi kali ini telah mendapatkan teknologi dual VVT-i dari berkat penggunaan mesin bensin berkode 2NR-VE yang menyuguhkan tenaga puncak 109 daya kuda dan torsi maksimal 141 Nm. Toyota sendiri menyebutkan bahwa teknologi baru mampu menghadirkan konsumsi bbm yang lebih irit hingga 20%.

Sepanjang 13 tahun sejarah Toyota Rush di Indonesia, Toyota tetap mempertahankan sistem penggerak roda belakang yang terkenal kuat. Meski masih menggunakan chassis sama sepanjang generasinya, kenyamanan dan pengendalian yang ditawarkan Rush masih mumpuni. Penggunaan teknologi mesin dual VVT-i memberikan limpahan tenaga yang meningkat serta menghadirkan efisiensi bahan bakar dibandingkan generasi sebelumnya. Hal inilah yang menjadikan Toyota Rush mampu bertahan dan menjadi salah satu model Toyota terpopuler hingga saat ini.

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Modifikasi Toyota New Yaris TRD dan Modellista, Beda Tema Keren yang Mana?

23/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Toyota New Yaris ini datang dari TRD dan Modellista. Keduanya menawarkan tema modifikasi yang berbeda. TRD lebih kepada penampilan yang agresif, sementara Modellista lebih menonjolkan sisi elegan. Anda suka yang mana?

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Toyota Yaris 2020 Jadi Produk Jagoan Toyota Di Tokyo Motor Show 2019

23/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Rival abadi dari Honda Jazz ini akhirnya mendapat ubahan yang besar. Tak heran Toyota Yaris 2020 ini digadang-gadang akan menjadi model global Toyota, dan memulai debutnya di ajang Tokyo Motor Show 2019.

Lihat juga

Kyosho Hadirkan Toyota Century GRMN Dalam Bentuk Diecast

23/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Eksklusivitas Toyota Century GRMN bisa Anda nikmati dalam bentuk diecast yang memiliki nilai koleksi yang cukup tinggi

Lihat juga

Penjualannya Tetap Tinggi, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota New Avanza Veloz 2019

21/10/2019

Jual beli

5 menit

Berdasarkan data penjualan mobil hingga bulan Mei 2019 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Toyota Avanza ada di peringkat tertinggi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan sebanyak 7.362 unit. Ini adalah mobil terlaris se-Indonesia raya, lantas apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Lihat juga

Toyota Siap Pamerkan Versi Produksi Ultra-Compact BEV, Si Mungil Yang Bisa Jalan 100 Km Sekali Ngecas

21/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Tak ingin melewatkan gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 Toyota bakal tunjukkan kepada dunai mobil-mobil listrik super compact buatannya, Ultra Compact BEV. Bukan lagi berwujud konsep, tapi versi produksi yang akan dijual mulai tahun depan.

Lihat juga