Tesla Siap Bangun Supercharger Terbesar di Dunia

11/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Tesla Siap Bangun Supercharger Terbesar di Dunia
Tesla bakal bikin stasiun pengisian dengan 100 stall di California. Ini akan menjadi supercharger terbesar di dunia mengalahkan stasiun pengisian di China.

Tesla mengimbangi besarnya permintaan mobil listrik di dunia dengan infrastruktur pengisian yang memadai. Di negara manapun populasi Tesla cukup besar, disitu berdiri banyak stasiun pengisian dengan lokasi yang mudah dijangkau. Baru-baru ini Tesla diketahui tengah bersiap membangun supercharger terbesar di dunia.

Supercharger 100 Stall

Dilaporkan mitra pengisian daya Tesla, Harris Ranch Inn & Restaurant Coalinga California bahwa Tesla telah mengajukan permohonan untuk pembangunan stasiun Supercharger yang berdekatan dengan restoran mereka dengan stall diperkirakan lebih dari 100 unit.

“🎉 Kami sangat senang mengumumkan bahwa Tesla telah mengajukan permohonan untuk pembangunan Supercharger terbesar di dunia, yang dapat terdiri dari lebih dari 100 stall, dan akan berlokasi di sini di Harris Ranch di Coalinga, California.” tulis Harris Ranch Inn & Restaurant di akun Instagramnya @harrisranchca.

>>> Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Mobil Listrik di Indonesia

Foto Tesla Supercharger di Harris Ranch

Tesla Supercharger di Harris Ranch Inn & Restaurant Coalinga California

Secara kalkulasi Tesla tidak akan kesulitan merealisasikan rencana besarnya itu karena lahannya tersedia. Harris Ranch adalah restoran kelas atas yang memiliki area sangat luas hingga 17.000 hektar. Pembangunan 100 stall supercharger tidak akan mengurangi luas lahan secara signifikan.

Namun ada usulan juga dari penggemar, alangkah baiknya jika Tesla membangun gedung stasiun pengisian vertikal, 3-4 lantai dibanding pengisian horizontal. Selain kebutuhan lahan bisa lebih efisien, lokasinya tidak tampak sangat luas bagai lapangan.

Supercharger terbesar di dunia

Jika benar nanti terealisasi, maka akan menjadi stasiun pengisian daya supercharger terbesar di dunia yang dimiliki Tesla. Saat ini stasiun supercharger terbesar masih berada di Shanghai China, yaitu di Jing'an International Center. Stasiun yang dibuka pada akhir Desember 2020 ini memiliki 72 stall pengisian.

Di AS sendiri supercharger Tesla terbesar saat ini berada Firebaugh, California yang dioperasikan mulai November 2020 dengan 56 stall. Untuk efisiensi kebutuhan listrik di lokasi ini, Tesla memanfaatkan atap panel surya, selain listrik milik negara. Sinar matahari pada siang hari California dinilai cukup baik untuk mengisi sejumlah besar listrik mobil Tesla yang melakukan isi ulang.

Hingga saat ini Tesla telah memiliki lebih dari 1000 supercharger di seluruh Amerika dan akan terus bertambah. Sedangkan di seluruh dunia Tesla memiliki sekitar 2.687 stasiun supercharger di berbagai negara.

>>> Elon Musk Mau Bikin Banyak Rumah untuk Tampung 10.000 Pekerja Baru

Foto Tesla Supercharger di Shanghai

Stasiun pengisian terbesar milik Tesla saat ini ada di Shanghai

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top