Tesla Model 3 Persiapkan Versi Kemudi Kanan untuk Ekspansi Global, Mau ke Indonesia?

27/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Tesla Model 3 Persiapkan Versi Kemudi Kanan untuk Ekspansi Global, Mau ke Indonesia?
Baru diperkenalkan, Tesla Model 3 langsung mendapatkan penjualan yang fantastis di Eropa. Dan kali ini, pabrikan Elon Musk mempersiapkan versi kemudi kanan untuk mengembangkan Model 3 di pasar baru, seperti Australia dan Jepang.

Popularitas Tesla Model 3 semakin menjadi-jadi. Baru saja, Model 3 melesat sebagai kendaraan di segmen mewah terlaris di Benua Biru. Yang lebih mengesankan adalah Model 3 bahkan belum tersedia di Inggris dimana versi pengendaraan kanan belum diproduksi.

Pada bulan Februari saja, Tesla menjual 3.657 Model 3 di Eropa. Tidak hanya menempatkannya sebagai pemenang di antara model listrik seperti Nissan LEAF, BMW i3, hingga Hyundai Kona Electric, Model 3 bahkan mengungguli model lain yang sudah lama malang melintang di pasar Eropa seperti BMW Seri 3, Audi A4, dan C-Class.

Tesla Model 3 berwarna biru

Tesla Model 3 mendapatkan popularitas yang tinggi di Eropa

Felipe Munoz, analis global untuk Jato Dynamics, menyatakan bahwa tingkat permintaan yang tinggi untuk Model 3 ini sangat tidak biasa dan ia menambahkan bahwa permintaan biasanya tidak melambung "sampai empat atau lima bulan setelah mobil baru dipasarkan," mengindikasikan penjualan Model 3 akan semakin tinggi dalam beberapa bulan mendatang.

>>> Genjot Elektrifikasi, Porshce Buka Kemungkinan Buat Hypercar Listrik

Siapkan versi setir kanan

Mengingat popularitas yang semakin berkembang, tak heran jika Tesla ingin mengembangkan Model 3 untuk pasar yang lebih besar. Beberapa foto prototipe Model 3 dalam konfigurasi setir kanan telah muncul, menunjukan keinginan Tesla meningkatkan keuntungan dengan membidik pasar sedan listrik global.

Tesla Model 3 setir kanan berwarna hitam

Versi setir kanan terlihat dan diunggah oleh pengguna Reddit

Sebuah foto dari model RHD 3 (right hand drive) yang diunggah pada situs Reddit oleh pengguna MR_Salty_Peanuts mengungapkan versi setir kanan sedang diuji coba di jalanan. Satu perbedaan kecil yang terlihat melalui jendela Model 3 adalah sistem infotainment antarmuka yang direvisi, menampilkan kecepatan di sisi kanan layer, berbeda dibandingkan versi setir kiri yang dijual di sebagian besar pasar di dunia.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Sebelumnya, CEO Tesla, Elon Musk telah berjanji bahwa versi setir kanan sedang dalam perjalanan. Tetapi berdasarkan salah satu cuitannya dikombinasikan dengan pernyataan di laman web Tesla yang menjanjikan pengiriman di “paruh kedua tahun 2019”, mengindikasikan versi setir kanan untuk dipasarkan pada kuartal ketika 2019.

pabrik yang sedang memproduksi Tesla Model 3 berwarna merah

Produksi Tesla Model 3 digenjot untuk mendapatkan marjin laba yang besar

Tesla mungkin sedang mengejar marjin laba yang tinggi dengan meningkatkan kapasitas produksi lebih lanjut. Beberapa pasar yang ditargetkan untuk versi setir kanan adalah Australia, Jepang, Inggris, hingga Afrika Selatan. Namun tak menutup kemungkinan jika Tesla ingin membawa mobil ini ke Indonesia. Kita tunggu saja, ya.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top