Tesla Jadi Armada Taksi Listrik di Indonesia?

22/04/2019
Pada Senin (22/4) Blue Bird resmi meluncurkan armada taksi listrik menggunakan mobil dari China bermerek BYD E6. Tapi ternyata Silver Bird yang masih tergabung dalam grup opertator taksi terbesar di Indonesia juga mempersiapkan armada taksi listrik dengan menggunakan Tesla.

Program pemerintah Indonesia untuk mendorong kendaraan listrik di Indonesia terus didukung oleh berbagai pihak. Tidak hanya dari agen pemegang merek (APM) yang memboyong kendaraan listrik sebagai riset, tapi operator taksi turut menghadirkan mobil listrik sebagai transportasi umum. Operator taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird pada Senin (22/4) meluncurkan armada taksi listrik pertamanya di Indonesia menggunakan mobil merek BYD dari China.

>>> Baca juga: Blue Bird Rencanakan Penggunaan Armada Taksi Listrik Ramah Lingkungan

Masih dalam satu grup, Silver Bird yang dikenal sebagai transportasi umum mewah turut menghadirkan taksi listrik. Mobil yang digunakan tidak sembarangan, melainkan Tesla, pelopor mobil listrik di dunia. Dari foto yang beredar di media sosial, terlihat mobil Tesla sedang berada di tempat seperti gudang besar namun terdapat tempat pengisian daya baterai (charge). Ada 2 unit Tesla dalam foto tersebut yang sedang diisi baterai.

Dari foto yang beredar terlihat Tesla milik Silver Bird sedan di charge

Plat nomor berwarna kuning dan nomor polisi diawali huruf B menjadi indikasi kuat Tesla digunakan untuk armada taksi listrik

Armada taksi listrik ini pun sudah ditempel stiker bertuliskan e-Taxi pada sisi samping dan logo seperti colokan listrik. Tepat di pintu depan bagian pengemudi terdapat emblem Silver Bird yang memastikan bahwa ini adalah unit untuk angkutan umum. Sementara pada bagian depan juga terdapat logo colokan di bagian kap mesin dan plat nomor berwarna kuning yang khusus digunakan untuk moda transportasi umum.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Dari foto yang beredar, terlihat Tesla Model X adalah unit yang nantinya digunakan oleh Silver Bird. Salah satu ciri dari Tesla Model X adalah gagang pintu yang terlihat menyatu dari samping untuk bagian depan dan belakang. Sebagaimana diketahui, Tesla Model X menggunakan pintu membuka ke atas seperti sayap kupu-kupu untuk akses masuk dan keluar penumpang belakang. Sementara pintu depan masih menggunakan desain buka pintu konvensional.

Dari samping terlihat lebih jelas logo Silver Bird pada pintu depan

Tampak samping terlihat handle pintu yang seolah menyatu menandakan Tesla Model X yang akan digunakan untuk armada taksi Silver Bird

Dalam situs resmi Tesla dikatakan bahwa Model X mempunyai tingkat keamanan bintang 5 yang telah diuji. Sementara untuk akomodasi penumpangnya bisa mencapai 7 orang. Tesla sendiri menawarkan dua opsi untuk konsumennya yakni Long Range untuk mobil yang bisa menempuh jarak hingga 470 Km. Sementara untuk varian yang fokus pada Performance mempunyai kecepatan akselerasi 0-100 km/jam hanya 2,8 detik saja. Seluruh varian tersebut menggunakan AWD (all-wheel drive). Lantas unit mana yang dipakai untuk armada taksi listrik di Indonesia? Tebakan kami adalah varian Long Range.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain