Tesla Ingin Punya Desain Mobil Listrik Khusus untuk China

11/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Tesla produsen mobil listrik asal California dikabarkan tengah mencari direktur desain yang bertugas hadirkan desain yang sesuai selera konsumen di China.

Tesla sedang mencari direktur desain baru untuk merealisasikan bagian dari upaya merancang mobil listrik yang disesuaikan dengan selera konsumen di China. Nantinya kandidat yang terpilih akan ditempatkan studio desain Tesla di Shanghai atau Beijing.

>>> Model Baru Tesla Hadir Awal 2022

Gambar menunjukan Pabrik Tesla

Pabrik Tesla di pasar China

Kandidat Potensial Telah Diwawancarai

Menurut laporan terbaru, Tesla sedang mencari kandidat dengan pengalaman 20 tahun atau lebih yang akrab dengan selera konsumen di China dan dapat menjembatani kesenjangan antara desain mobil di China dan Amerika Serikat.

Beberapa kandidat dikatakan telah diwawancarai oleh kepala desain global Tesla, Franz von Holzhausen, meskipun tidak jelas berapa banyak kandidat potensial telah didekati oleh produsen mobil listrik asal California, AS itu.

Salah satu sumber, yang memiliki pengetahuan tentang aktivitas Tesla di China, mengatakan kepada Reuters bahwa setelah direktur desain dipekerjakan, Tesla akan merekrut tim direktur yang kemungkinan akan berjumlah sekitar 20 orang.

Negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu sendiri merupakan pasar mobil terbesar di dunia, ditambah yang terbesar untuk kendaraan listrik dengan volume penjualan diperkirakan mencapai sekitar 1,5 juta kendaraan setiap tahunnya. Menurut konsultan LMC Automotive pasar China juga merupakan pasar kedua terbesar Tesla setelah Amerika Serikat.

>>> Mobil Terbaik untuk Dibeli 2021 di AS, dari Ford Mustang Hingga Nissan Leaf

Gambar menunjukan Mobil Tesla

Tahun lalu Tesla berhasil menjual 120.000 kendaraan listrik di China

Tesla Ingin Produksi 500.000 Unit Setiap Tahun

Ketertarikan CEO Tesla Elon Musk dalam mengembangkan mobil di China adalah bagian dari dorongan yang lebih luas oleh Tesla untuk meningkatkan volume penjualan global perusahaan jauh melampaui angka 500.000 kendaraan per tahun. Untuk tahun lalu penjualan Tesla hanya mencapai 499.550 kendaraan.

Tesla sendiri tahun lalu berhasil menjual sebanyak 120.000 kendaraan listrik di China. Catatan angka tersebut jelas cukup mengesankan, namun demikian produsen EV lokal juga tidak akan diam saja melihat angka penjualan Tesla di China. Perusahaan lokal seperti Nio, Xpeng, dan Li berada dalam posisi yang sangat baik untuk memanfaatkan pertumbuhan penjualan mobil listrik untuk bisa menyayangi Tesla.

Dua sumber yang didapatkan Reuters mengatakan satu kemungkinan model khusus China nantinya akan hadir dengan harga lebih terjangkau. Hal ini tentunya merupakan bagian dari upaya Tesla semakin mendominasi pasar mobil listrik di China.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top