Tesla Datang ke Indonesia Januari 2021, Bahas Kendaraan Listrik

21/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tesla Datang ke Indonesia Januari 2021, Bahas Kendaraan Listrik
Presiden Joko Widodo belum lama ini menyebut telah mengundang Tesla datang ke Indonesia. Kabarnya Tesla akan menyambangi Indonesia pada bulan Januari 2021.

Memiliki cadangan nikel yang besar membuat pemerintah percaya diri bahwa Indonesia bisa menjadi pemain besar di industri kendaraan listrik. Cadangan nikel yang besar itu juga menarik produsen mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla untuk menggarapnya. 

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengundang Tesla datang ke Indonesia untuk melakukan diskusi terkait investasi kendaraan listrik di Tanah Air.

Hal itu diketahui usai Jokowi melakukan panggilan telepon bersama CEO Tesla Elon Musk didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

CEO Tesla

CEO Tesla Elon Musk telah melakukan panggilan dengan Presiden Jokowi

>>> Jokowi Undang Tesla Datang ke Indonesia

Tesla Datang ke Indonesia Januari 2021

Keduanya saling bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X.

Rupanya undangan tersebut bukan sekadar wacana belaka. Baru-baru ini Luhut menyebut bahwa Tesla bakal segera berkunjung ke Indonesia pada Januari 2021. 

"Tesla juga menyampaikan minat yang kuat untuk berinvestasi di Indonesia dan mereka akan melakukan kunjungan tahun depan bulan Januari," ungkap Luhut dalam peluncuran Kendaraan Bermotor Listrik Bertenaga Baterai (KLBB). 

Keseriusan Tesla untuk datang ke Indonesia, dijelaskan Luhut merupakan tanda bahwa Indonesia bukan hanya menjadi pasar kendaraan listrik saja namun juga produsen mobil tanpa asap tersebut. 

Sebelum Tesla, ada Hyundai yang sudah lebih dulu berinvestasi kendaraan listrik di Indonesia.

>>> Tesla Model 3 Terbaru Akan Pakai Lampu Depan Lebih Canggih

Sejumlah Aturan Sudah Dibuat

Hyundai saat ini tengah membangun pabriknya dan rencananya mulai tahun 2022 produsen asal Negeri Ginseng Korea Selatan itu memproduksi mobil listriknya. 

Mobil Tesla

Tesla tertarik membangun pabrik baterai listrik di Indonesia

"Potensi Indonesia menjadi produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sangatlah besar hal ini dibuktikan dengan adanya investor asing yang menanamkan sahamnya untuk memproduksi KBLBB antara lain Hyundai yang telah melakukan investasi untuk membangun basis kendaraan listrik, BYD yang telah memulai bus listrik, serta LG Chem Ltd dan juga Amperex Technology Ltd yang berminat membangun industri bahan baku," tegas Luhut. 

Pemerintah memang tengah gencar dalam program percepatan kendaraan listrik. Maka dari itu sejumlah pihak telah digandeng termasuk dari produsen mobil itu sendiri. Sejumlah paket aturan juga sudah disiapkan dari berbagai kementerian lembaga. 

"Selain peraturan di tingkat pusat juga diterbitkan peraturan tingkat daerah untuk mendukung ekosistem KBLBB antara lain Peraturan Gubernur Bali Nomor 48 Tahun 2019, Peraturan Gubernur DKI Nomor 3/2020, Peraturan GUB Jabar, Peraturan Gubernur DIY dan Peraturan Gubernur Jatim tahun 2020," tutup Luhut.  

>>> Mari Mengenal Apa Itu Mobil Tesla

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Review Tesla Semi Truck 2021: The Game Changer

TBA

04/06/2020

Editor rate:

Tesla Semi Truck adalah The Game Changer di dunia truk, sebab kehadirannya nanti akan merepotkan para pabrikan truk yang masih mengandalkan mesin diesel

Lihat juga

Review Tesla Model S P100D 2020: The Fastest Accelerating Production Car In The World

Rp. 3.000.000.000

28/05/2020

Editor rate:

Tesla Model S P100D ini memegang rekor The Fastest Accelerating Production Car In The World, namun apakah mobil listrik ini hanya menjual sensasi kencang saja?

Lihat juga

Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

24/03/2019

Editor rate:

CEO Tesla, Elon Musk membuat drama baru setelah meluncurkan kendaraan terbaru, Tesla Model Y 2019 yang telah lama ditunggu-tunggu. SUV kompak yang meminjam beberapa sentuhan Model 3 yang lebih dahulu populer diprediksi mampu menyaingi penjualan mobil listrik Tesla lainnya.

Lihat juga

Sudah Ludes Terpesan, Hot Wheels Tesla Cybertruck Batal Diproduksi Tahun Ini

20/12/2020

Pasar mobil

5 menit

Mattel Inc baru saja mengumumkan, produksi Hot Wheels Tesla Cybertruck mengalami kendala sehingga produk ini harus ditunda pengirimannya sampai pertengahan tahun depan. Padahal mainan tersebut kabarnya sudah ludes terjual.

Lihat juga

Produksi Tesla Model S dan Model X Akan Dihentikan Sementara

16/12/2020

Pasar mobil

5 menit

Lini produksi Tesla Model S dan Model X di pabrik Tesla di California kabarnya akan ditutup sementara selaama 18 hari hingga Januari 2021 mendatang. Diperkirakan ini merupakan rencana Tesla untuk mempersiapkan Model S dan Model X generasi kedua.

Lihat juga
 
back to top