Tesla dan Waymo, Penantang Terberat Perlombaan Mobil Swakemudi Masa Depan

11/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Tesla dan Waymo, Penantang Terberat Perlombaan Mobil Swakemudi Masa Depan
Ada perlombaan di industri otomotif saat ini, terlebih di pusat pengembangan teknologi Silicon Valley hingga Detroit tentang siapa yang membuat mobil swakemudi yang berperilaku lebih baik dibandingkan pengemudi manusia.

Perkembangan teknologi mengarahkan manusia untuk mencapai puncak pengemudian; mobil swakemudi yang bisa membuat manusia duduk tenang dalam kendaraan tanpa bersusah payah fokus pada jalanan di depan Mobil swakemudi bergantung dengan pengumpulan data, dan perusahaan dengan data terbanyak adalah Tesla dan Waymo.

Gambar yang menunjukan mobil baru dari Tesla

Tesla merupakan salah satu perusahaan dengan teknologi swakemudi paling maju

>>> Dapatkan berita terbaru pasar mobil dalam dan luar negeri hanya di sini

Baik Tesla dan Waymo berusaha mengumpulkan dan memproses data yang cukup untuk membuat mobil bisa menggerakkan dirinya sendiri. Keduanya mengembangkan hal tersebut dengan cara yang berbeda; Tesla mengambil data dari dunia nyata tentang bagaimana kendaraan dikemudikan dengan sistem semi autonomnya. Sedangkan Waymo memulai proyek mobil swakemudi Google menggunakan simulasi komputer yang kuat untuk mempelajari teknik pengemudian.

Sulit untuk menentukan berapa kilometer data yang sudah didapatkan oleh Autopilot Tesla karena perusahaan tidak membuat pernyataan publik tentang hal tersebut. Pada tahun 2016, Kepala Autopilot Tesla mengatakan pada konferensi MIT bahwa Tesla telah mendapatkan 1.2 miliar data dengan 160 juta kilometer didapatkan dari Autopilot.

>>> 5 mobil termurah selama ajang GIIAS 2018 berlangsung

Gambar yang menunjukan teknologi autopilot dari Tesla

Selain Tesla, Waymo merupakan penantang terdepan teknologi swakemudi dari industri otomotif

>>> Berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik untuk Anda ada di sini

Satu-satunya perusahaan lain yang bekerja dengan jumlah data yang sama adalah Waymo yang dikembangkan oleh Google. Awal tahun ini, Waymo menyebutkan bahwa mereka telah mensimulasikan 8 miliar kilometer data pengemudian swakemudi. Perusahaan juga mengatakan telah mengumpulkan sekitar 8 juta kilometer data dari jalan umum. Setara dengan data yang dikumpulkan oleh semua perusahaan yang mengembangkan teknologi swakemudi jika digabungkan.

Saat ini, Tesla dan Waymo merupakan dua perusahaan yang semakin mendekati kenyataan dalam peluncuran kendaraan swakemudi yang bisa dikendarai di jalanan. Meskipun masih banyak kecelakaan yang terjadi melibatkan kendaraan swakemudi, bisa dipastikan bahwa teknologi ini semakin dekat untuk menjadi kenyataan dan dipasarkan di jalan-jalan di seluruh dunia.

>>> Klik sini untuk update berita otomotif menarik yang hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.