Tesla Capai Produksi 1 Juta Unit, Tandai Dengan Model Y Merah

12/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tesla Capai Produksi 1 Juta Unit, Tandai Dengan Model Y Merah
Bos Tesla, Elon Musk secara resmi mengumumkan produksi mobil listriknya telah mencapai 1 juta unit dan menandainya dengan Model Y merah sebagai unit ke 1 juta.

Hanya butuh waktu beberapa tahun bagi Tesla untuk membuktikan mereka mampu menjadi merek paling diperhitungkan di dunia. Lewat tiga model mobil listrik andalannya, Model S, Model X, dan Model 3, Tesla berhasil meraih pencapaian tertinggi yang belum pernah dicapai produsen otomotif lain. Tesla menjadi produsen mobil listrik pertama yang mencapai produksi 1 juta unit.

Bos Tesla, Elon Musk, secara resmi merilis pengumuman tersebut pada 10 Maret 2020 melalui akun Twitter pribadinya @elonmusk, serta menandai pencapaiannya dengan unit model terbaru Model Y warna merah. Model inilah yang bakal diluncurkan tahun ini.

 

>>> Tesla Model Y Diklaim Sebagai Crossover Listrik Paling Efisien Saat ini

Dari berbagai catatan, belum ada satu pun pabrikan otomotif yang memproduksi mobil listrik hingga 1 juta unit, termasuk BYD. Merek asal China tersebut memiliki produktivitas dan permintaan tinggi. Namun laporan menunjukkan pada Oktober 2019 pengiriman unit BYD sudah berhasil disalip Tesla. Menurut laporan elektrek.co, (9/3/2020) BYD mengirim sebanyak 787.150 unit, sementara Tesla sukses mengirim sebanyak 807.954 unit.

Perlu juga dicatat kalau produk BYD adalah kombinasi antara mobil listrik full electric dan plug in hybrid. Berbeda dengan Tesla yang hanay memproduksi mobil listrik full electric.

Laporan terkini yang lain sebagaimana ditulis Insideevs, (10/3/2020) hingga 31 Desember 2019 total produksi Tesla sudah mencapai 893.450 unit. Artinya dari Januari hingga awal Maret 2020 Tesla memproduksi sebanyak 106.550 mobil untuk mencapai angka 1 juta unit.

Angka produksi sebesar itu bukan sesuatu yang sulit dilakukan mengingat Tesla punya fasilitas produksi besar di Fremont, Amerika Serikat dan Shanghai China.

>>> Ekspansi ke Daratan Eropa, Tesla Bangun Gigafactory 4 di Berlin Jerman

Foto menunjukkan Tesla Model Y tampak dari samping depan

Crossover SUV 5 penumpang dengan opsi 7 penumpang

Model Y merupakan produk terbaru dari Tesla yang memulai debut pada 14 Maret 2019 di sebuah acara di studio desain Tesla di Hawthorne, CA, di mana spesifikasi diumumkan dan kendaraan ditampilkan. Model ini diproduksi di pabrik Fremont, lalu pada November 2019 diumumkan kalau Tesla Model Y akan menjadi kendaraan pertama yang dirakit di Gigafactory Berlin Jerman. Sekarang mobil ini sudah bisa dipesan dengan pengiriman bakal dimulai akhir quartal 1 2020.

>>> Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

>>> Update berita otomotif terkini di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top