Tesla Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di India Selatan

15/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tesla Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di India Selatan
Tesla bakal melanjutkan ekspansinya ke daratan Asia Selatan dengan mendirikan pabrik mobil listrik di India. Demikian dilaporkan pejabat negara setempat.

Memiliki empat pabrik tidak membuat Tesla berhenti untuk berkembang dan melebarkan sayap. Kabar terbaru menyebut saat ini Tesla berencana mendirikan pabrik mobil listrik di India. Bahkan unit R&D-nya sudah berdiri di Kota Bengaluru negara bagian Karnataka, India Selatan dan segera beroperasi.

"Karnataka akan memimpin perjalanan India menuju Mobilitas Hijau. Produsen Kendaraan Listrik Tesla akan segera memulai operasinya di India dengan unit R&D di Bengaluru. Saya menyambut Elon Musk ke India dan Karnataka dan mendoakan yang terbaik untuknya." tulis Kepala Menteri Negara BS Yediyurappa di Twitter sebagaimana dikutip dari NDTV, (12/1/2021).

>>> 5 Hal yang Bikin Konsumen Masih Ragu Beli Mobil Listrik di Indonesia

Foto Elon Musk bertemu pejabat India

Elon Musk sudah menjajaki pasar India

Sudah terdaftar

Tweet di atas sudah dihapus oleh yang bersangkutan, namun pemberitaan sudah beredar. Dikutip dari NDTV, raksasa mobil listrik asal Amerika Serikat itu mendirikan perusahaan barunya, Tesla Motors India dan Energy Private Limited pada 8 Januari 2021 dengan kantor terdaftar di Kota Bengaluru Karnataka. Untuk lokasi pendirian pabrik mobil listrik sendiri belum ditentukan, mengingat ada empat negara bagian lain yang turut dalam pembicaraan, yaitu Maharashtra, Gujarat, Andhra Pradesh, dan Tamil Nadu.

Sebagai negara dengan populasi kendaraan bermotor sangat besar, India sangat ingin mengurangi ketergantungan pada BBM dan mengurangi polusi. Hanya saja India tidak bisa maksimal mempromosikan mobil listrik atau motor listrik, dengan alasan terhambat oleh dukungan manufaktur dan infrastruktur pengisian daya. Dengan masuknya Tesla ke India diharapkan keinginan besar ini mudah diwujudkan.

Elon Musk sendiri telah memberikan sinyalnya untuk masuk ke India sejak tahun lalu. Melalui akun Twitternya dia menulis “Tahun depan pasti” sebagai tanggapan atas postingan Tesla Club India berupa foto bertuliskan "India ingin Tesla ".

>>> Beli Mobil Tesla Nantinya Bisa Pakai Bitcoin

Foto tweet Tesla Club India

Elon Musk memastikan kehadiran Tesla di India

Gigafactory baru?

Saat ini Tesla memiliki empat pabrik di dunia. Tiga diantaranya adalah pabrik mobil listrik, yaitu Gigafactory 1 di Nevada AS, Gigafactory 3 di Shanghai China, dan Gigafactory 4 di Berlin Jerman (masih tahap pembangunan). Sedangkan yang satu yaitu Gigafactory 2 di Buffalo New York memproduksi genteng panel surya.

Hingga artikel ini ditulis belum diketahui kehadirannya di India bakal mendirikan Gigafactory baru, atau hanya R&D dan distribusi mobil listrik yang didatangkan dari Gigafactory Shanghai atau yang lain.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penjualan Wuling Hongguang MINI EV Dua Kali Lipat Tesla Model 3

15/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Wuling Hongguang MINI EV bertahan sebagai mobil listrik terlaris di China dengan penjualan lebih dari 25 ribu unit pada Januari 2021, atau hampir dua kali lipat dari Tesla Model 3.

Lihat juga

Beli Mobil Tesla Nantinya Bisa Pakai Bitcoin

10/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Beli mobil Tesla makin mudah dengan beragam cara pembayaran, bahkan nantinya untuk memiliki berbagai mobil listrik Telsa dapat menukarkan dengan Bitcoin.

Lihat juga

Mobil Listrik Tesla di China Dikomplain Konsumen, Kenapa Ya?

10/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Pejabat pemerintah China telah bertemu dengan perwakilan dari produsen mobil listrik AS Tesla Inc atas laporan dari konsumen tentang kebakaran baterai.

Lihat juga

Siap Saingi Tesla Model S, Audi E-tron GT 2021 Dirilis di Jerman

10/02/2021

Mobil baru

3 menit

Audi memperkenalkan penantang Tesla Model S yang diberi nama Audi E-Tron GT, model bertenaga dengan baterai listrik yang diklaim sangat ramah lingkungan.

Lihat juga

Susul AS, Recall Tesla Model S dan X Juga Dilakukan di China

08/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah China mengizinkan recall Tesla Model S dan X atas masalah pada kartu multi media eMMC yang bisa menimbulkan gangguan pada beberapa fungsi keselamatan

Lihat juga
 
back to top