Terus Berkembang, Ini Pengaruh Wuling Terhadap Pasar Otomotif di Indonesia

28/11/2018

Pasar mobil
Terus Berkembang, Ini Pengaruh Wuling Terhadap Pasar Otomotif di Indonesia
Meskipun menjadi pabrikan baru di pasar otomotif Tanah Air, tak bisa dipungkiri sepak terjang Wuling merupakan penantang serius di tiga segmen yang diikutinya.

Hadir sejak tahun lalu, Wuling masuk ke tiga segmen pasar otomotif Indonesia. Mulai dari Confero S yang masuk ke lini produksi low multi purpose vehicle, serta Wuling Cortez yang bersaing di kelas mobil keluarga menengah, hingga si bungsu yang baru hadir beberapa waktu lalu menjadi pendatang baru dalam pasar kendaraan niaga.

Gambar Wuling Confero S

Wuling Confero S menjadi penjualan penting Wuling di Indonesia

Ketika dihubungi oleh media beberapa waktu lalu, Brand Manager Motor Wuling, Dian Asmahani menyebutkan bahwa penjualan merek otomotif Cina masih terus bertumbuh hingga saat ini. "Untuk penjualan wholesales Oktober, seribuan unit lebih sedikit lah, itu gabungan antara Confero dan Cortez ya. Maaf detailnya saya harus cek dulu.”

>>> Carlos Ghosn Diberhentikan Sebagai CEO, Menolak Tuduhan Penggelapan Uang

Menurut data yang diambil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Confero mencatatkan hasil yang signifikan terhadap penjualan Wuling. Menawarkan harga yang nyaman untuk kantong masyarakat Indonesia, penjualan Confero tercatat sebesar 62.39 persen dari total penjualan Wuling bulan lalu.

Namun jika dibandingkan dengan kompetitor yang mampu mengirimkan ribuan lini produk mereka, pada bulan ke-10 tahun ini Confero hanya mengirimkan 775 unit low MPV mereka dari pabrikan ke diler. Hasil berbeda ditorehkan oleh Wuling Cortez yang mampu mencatatkan nilai yang baik dalam segmen kendaraan keluarga kelas menengah. Dengan penjualan wholesales 242 unit, Cortez mampu bertengger di posisi kedua, mengalahkan Nissan Grand Livina serta Isuzu Panther.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Lini baru Wuling di Indonesia, Wuling Formo

Melihat torehan di atas, Wuling siap untuk mengandalkan Wuling Formo yang menjadi andalan terbaru mereka dalam segmen kendaraan niaga. Lebih lanjut Dian mengungkapkan, "Dengan hasil sekarang kami sangat optimis untuk kedepannya. Untuk Formo sendiri sudah mulai banyak peminat, namun angka pastinya belum bisa diinformasikan karena masih baru meluncur juga.”

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top