Tertunda, Ledakan Kecepatan Bloodhound SSC Terkendala Masalah Dana

24/10/2018

Pasar mobil
Kendaraan Supersonic Bloodhound SSC yang telah dibangun untuk memecahkan kendaraan tercepat di dunia pada angka 1.000 mil/jam mendapatkan kesulitan. Mereka membutuhkan investasi sebesar 25 juta poundsterling jika ingin menjadi jet darat tercepat di dunia.

Rencana ini berasal dari Tim Bloodhound asal Inggris yang bertujuan untuk menunjukan bahwa kecepatan 1.000 mph yang selama ini dianggap mustahil bisa dilakukan. Pengembangan Bloodhound SSC pun dilakukan sejak Oktober 2008. Menggunakan perpaduan jet dan roket, asa untuk menjadi yang tercepat tinggal selangkah lagi.

Didukung oleh mesin jet Eurofighter Rolls-Royce yang dilesatkan ke roket, ia dengan mudah menghancurkan rekor dunia saat ini, hingga 1.228 km/jam. Dan simulasi komputer menunjukan kecepatan ini masih bisa berjalan, bahkan lebih cepat lagi.

>>> Ada Faktor Keselamatan Dibalik Desain Pintu Belakang All New Honda Brio?

Gambar yang menunjukan mobil baru Bloodhound SSC

Blopdhound SSC siap menggeber hingga 1.600 km/jam

Ternyata kenyataan tak semudah harapan. Proyek ini terancam batal karena tingkat kompleksitas yang tinggi serta terhambat masalah administrasi. Para administrator, FRP Advisory LLP mulai mencari dana tambahan. Jika tidak, proyek ini terancam batal. Sebuah harga mahal harus dikerahkan untuk membuat mimpi jadi kenyataan. Tak terkecuali bagi Bloodhound SSC.

Masalah keuangan Bloodhound

Bloodhound merupakan pekerjaan sendiri. Didanai melalui donasi, sponsor, dan kemitraan, Bloodbound berjuang keras memanfaatkan ketiga sumber dana tersebut. Tetapi pada akhirnya, model pendanaan ini belum memberikan uang tunai yang cukup untuk sepenuhnya mempertahankan usaha nan kompleks ini.

Dua hingga tiga tahun terakhir telah menjadi masa yang sulit untuk meningkatkan dukungan finansial. Lanskap investasi sulit, sebagian karena ketidakpastian Brexit. Namun yang paling menggigit adalah semakin banyak merek besar lebih percaya dengan kemampuan teknologi seperti media sosial sebagai alat pemasaran mereka dibandingkan menempelkan logo mereka di bodi Bloodhound SSC.

>>> Dapatkan berita informatif pasar mobil dunia hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan pengerjaan rakitan Bloodhound SSC

Pengerjaan rakitan Bloodhound SSC tertunda akibat masalah dana

"Inilah situasinya," jelas Andrew Sheridan dari kantor FRP Advisory LLP di Bristol. "Kami memiliki badan hukum yang telah masuk ke administrasi karena tidak punya uang tunai lagi. Tapi ada proyek di sana yang sangat hidup dan berada di titik akhir dalam mencapai tujuannya, yang merupakan terobosan dengan teknologi terkemuka.”

Sejalan dengan Andrew, Mark Chapman, Chief Engineer Bloodhound juga menjelaskan, "Setelah kami memiliki pendanaan di tempat, atau setidaknya visibilitas pendanaan itu, dan tim kembali di gedung, maka 10 bulan kemudian kami keluar di Afrika Selatan. Kami sedekat itu. Ini adalah peluang besar untuk eksposur global."

>>> Ingin membeli mobil baru? Berikut daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com di sini

Perjalanan menuju kecepatan

Manusia sejak dulu memimpikan kecepatan. Bahkan dengan kendaraan bermesin pertama, sejarah menunjukan rekor kecepatan pertama ditorehkan oleh Gaston de Chasseloup-Laubat mampu memacu hingga 65 km/jam pada tahun 1898, bahkan 3 tahun sebelum vacuum cleaner pertama kali ditemukan.

Gambar yang menunjukan rakitan Bloodhound SSC

Bloodhound SSC dirancang dengan tenaga jet dan roket

Mesin jet dan roket memberikan warna baru pada pertempuran kendaraan darat. Diawali oleh Craig Breedlove pada 1963 dengan kecepatan 655,722 km/jam, disusul Gary Gabelich dengan Blue Frame menjadi manusia pertama yang mampu menembus 1.000 km/jam. Rekor ini bahkan masih bisa dipecahkan oleh Richard Noble mengendarai Trust2 dengan kecepatan 1.020 km/jam.

Bloodhound adalah kombinasi dari jet cepat, mobil F1, dan pesawat luar angkasa. Proyek ini diikuti lebih dari 220 negara dan wilayah. Dengan kecepatan penuh, Bloodhound akan menempuh jarak satu mi (1.6 km) dalam 3.6 detik. World Land Speed Record sebesar 1.228 km/jam dipegang oleh Thrust SSC, tim Inggris yang dipimpin oleh Direktur Proyek Bloodhound Richard Noble dan dikendarai Andy Green.

Ledakan kecepatan dari Bloodhound SSC

Saat ini, proyek Bloodhound telah beroperasi dengan dukungan berbagai sponsor, seperti Rolls-Royce, Rolex, hingga Kementerian Pertahanan yang telah meminjamkan prototipe mesin jet untuk mobil dan pemerintah Provinsi Northern Cape di Afrika Selatan. Namun semua itu masih belum cukup untuk memberikan kesempatan sekali lagi bagi Bloodhound melesat hingga 1.000 mil/jam.

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top