Ternyata Volkswagen Pernah Bikin Truk Pikap Bermesin VW Kodok

23/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Diproduksi terbatas, ternyata Volkswagen pernah menjual truk pikap bernama Basis-Transporter yang dikembangkan menggunakan mesin dari VW Kodok yang ikonik.

Dari awal kendaraan bermotor pada abad ke -18, sejarah otomotif dipenuhi dengan beragam mobil. Sebagian terekam dan tak jarang banyak mobil yang terlupakan oleh nama-nama yang lebih terkenal. Salah satunya adalah truk pikap Volkswagen yang pernah diproduksi menggunakan mesin dari Volkswagen Beetle.

Hanya 2.600 unit

Dalam keterangan resminya, Volkswagen sendiri menyebutkan bahwa mereka pernah memiliki truk pikap yang mungkin tidak pernah Anda dengar sebelumnya. Dikenal dengan nama Basis-Transporter, mobil ini merupakan pikap utilitas sederhana sebagai kendaraan niaga dengan bak belakang yang terbuka.

truk pikap Volkswagen dengan nama Basis Transporter
Transporter memiliki mesin yang sama dengan VW Kodok

>>> Siapa Mau VW Beetle Anti Peluru Buatan 1978?

Mobil ini bahkan bisa dibilang sebagai salah satu model Volkswagen paling langka yang pernah diproduksi, sebagaimana dijelaskan Volkswagen dalam keterangan tertulis mereka pada hari Kamis, (19/8/2021). Hanya ada 6.200 prototipe Basis-Transporter yang pernah dibuat.

Ada berbagai julukan berbeda yang diberikan tergantung tempat mobil ini dijual. Contohnya saja julukan “Trakbayan” yang diterjemahkan menjadi “truk pedesaan” di Filipina. Sedangkan di India, Transporter dikenal dengan nama “Mitra”.

>>> ‘The Last Mile’, Film Pendek Volkswagen Beetle Diiringi The Beetles

Pakai mesin VW Kodok

Mobil ini tercipta berkat popularitas Volkswagen Beetle yang mendunia. Hingga akhirnya Volkswagen mendapatkan banyak permintaan akan pikap sederhana. Hingga akhirnya mereka menggunakan mesin Volkswagen Beetle pada mobil ini. Proses produksinya yang terbatas menjadi alasan Transporter langka di pasaran.

Mengemas mesin 1.6 liter berpendingin udara yang sama dengan yang digunakan pada Beetle. Memberikan tenaga hingga 50 daya kuda dan mampu melaju hingga 77 km/jam, menawarkan tenaga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan mobil lainnya kala itu.

>>> Ini Motif Pengemudi VW Beetle yang Tabrak Polisi di Pos Penyekatan

mesin VW Kodok dengan kapasitas 1.6 liter
Truk pikap Volkswagen dengan desain yang unik

Mesin dan girboks yang ditempatkan di bawah kabin menghadirkan desain truk yang unik, dengan tenaga disalurkan ke roda depan. Selain itu, mobil ini masih tetap mengesankan sebagai truk pikap untuk mengangkut barang-barang pertanian maupun perdagangan. Transporter memiliki kapasitas muatan hingga 1 ton, sama dengan Suzuki Carry.

Dengan unitnya yang terbatas, tentu saja mobil ini sangat jarang ditemukan di jalanan di seluruh dunia. Volkswagen menyebutkan bahwa Transporter bisa ditemukan di Meksiko, Turki, Pakistan, India, dan beberapa negara tertentu.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top