Ternyata, Mesin Mobil Balap LMP3 Berasal Dari SUV Nissan

30/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Ternyata, Mesin Mobil Balap LMP3 Berasal Dari SUV Nissan
Berbicara soal mesin performa tinggi, kita tentu beranggapan bahwa dapur pacu tersebut dikhususkan untuk mobil sport atau bahkan mobil balap. Namun, siapa sangka sebuah mesin V8 yang digunakan SUV Nissan bisa disulap jadi mesin mobil balap LMP3?

Adalah NISMO, tuner resmi Nissan yang berhasil menyulap mesin V8 berkode VK50VE yang digunakan pada beberapa model SUV Nissan seperti Infinity QX70 menjadi sebuah mesin mobil balap LMP3.

Gambar menunjukkan Infinity QX70 keluaran tahun 2018

Jangan salah, mesin mobil ini sama seperti yang digunakan mobil balap LMP3

>>> Wah, mesin Formula 1 ini sama mahalnya dengan LCGC

Mesin 5.0 L, yang menghasilkan tenaga 390 HP dan torsi 536 Nm pada SUV Infinity QX70 itu disulap menjadi sebuah mesin LMP3 bertenaga 420 HP dan torsi 550 Nm, dan dipakai oleh mayoritas tim LMP3 di berbagai balap ketahanan di berbagai belahan dunia. Lalu, ubahan apa saja yang dilakukan NISMO?

Menurut spesifikasi resmi NISMO, stock bore dan stroke mesin yang berukuran 95.5mm x 87.7mm dipertahankan, yang berarti kapasitas silindernya masih bertahan di angka 5.026 liter. Blok silinder, crankshaft, connecting rod, dan piston mesin mobil balap LMP3 ini juga masih sama seperti yang digunakan mobil SUV Nissan.

Beberapa ubahan NISMO pada mesin berkonfigurasi V8 tersebut adalah silinder head, yang memiliki katup lebih besar dengan camshaft lebih agresif sehingga memberikan ruang lebih untuk aliran udara. Ubahan lain juga pada airbox yang didesain untuk mobil balap LMP3, dan mengalirkan angin ke dalam throttle body. Berbeda dari airbox, throttle body yang digunakan masih memakai konsep drive-by-wire elektronik yang digunakan  mobil jalanan Nissan.

Gambar menunjukkan Mesin balap LMP3 Nissan VK50

NISMO masih mempertahankan beberapa komponen standar mesin untuk mobil LMP3

>>> Sedang mencari SUV? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Komponen lain yang dibuat khusus untuk mesin LMP3 Nissan adalah header (atau exhaust manifold) yang memiliki panjang pipa sama, dan menghasilkan peningkatan tenaga cukup signifikan. Sebagai catatan, manifold yang digunakan versi produksi memakai desain short-log dengan dua catalytic converter untuk memenuhi tingkat emisi.

Untuk memaksimalkan modifikasi di atas, dan memberi keleluasaan pada tim untuk mengakses log data, Control Unit bawaan Nissan diganti jadi ECU balap dari Magnetti Marelli. Selain itu, mesin LMP3 Nissan ini juga disematkan beberapa sensor untuk mengukur beberapa hal seperti pengukur tekanan angin.

Gambar menunjukkan Mobil balap LMP3 sedang beraksi

Musim depan, Nissan menghadirkan mesin baru dengan kapasitas 600cc lebih besar

>>> Berita menarik lain dari dunia balap bisa dilihat di sini 

Saat ini, mesin VK50VE masih bisa digunakan sebagai dapur pacu mobil LMP3 meski sudah digantikan VK56DE yang memiliki kapasitas lebih besar, 5,6L mulai 2020. Pun demikian, tim masih bisa memakai mesin lama dengan tambahan kit khusus.

Kabar baik bagi yang ingin menerapkan modifikasi ala LMP3 itu pada SUV Nissan kesayangan Anda, karena modifikasinya tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu mengganti headernya untuk menghasilkan raungan mesin serupa mobil balap LMP3. Untuk soal performa, Anda memang harus menambahkan modifikasi lain mulai dari cylinder head, dan ECU, namun untuk sebuah SUV, rasanya hal tersebut tidak diperlukan.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top