Ternyata Mengemudi Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Mental

11/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Beruntunglah bagi Anda yang suka berkendara. Pasalnya sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengemudi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Apakah mengemudi memiliki manfaat bagi kehidupan kita? Beberapa peneliti menemukan bahwa mengemudi memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan mental pengemudinya. Porsche misalnya dikenal sebagai salah satu pabrikan yang mengungkapkan bahwa berkendara memberikan berbagai manfaat, terutama dalam hal psikologis.

Baik untuk mental

Dilansir dari Motor Authority, argumen ini ditegaskan oleh Profesor Lynne Pearce, pengajar teori sastra dan budaya di Lancaster University di Inggris. Putri dari seorang mekanik dan pemilik bengkel ini pernah menuliskan tentang manfaat mengemudi, khususnya bagi kesehatan mental, termasuk buku berjudul "Drivetime: Literary Excursions in Automotive Consciousness".

pengemudi wanita yang sedang mengemudi bersama teman
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berkendara

>>> Pemerintah Inggris Akan Perketat Aturan Mengemudi Menggunakan Ponsel

Dalam bukunya, Pearce berbicara tentang melakukan perjalanan jauh untuk menyelesaikan masalah, baik pribadi maupun professional.

"Setiap kali saya masuk ke mobil saya merasa lega," kata Pearce dalam sebuah pernyataan. "Tubuhku rileks, dan aku menantikan waktu tanpa gangguan dimana aku bisa berpikir."

Pearce menegaskan bahwa pada masa-masa awal kendaraan ditemukan dan aktivitas berkendara menjadi rutinitas, para psikolog tertarik pada fakta bahwa mengemudi merupakan salah satu cara membebaskan berbagai bagian otak untuk berfikir secara produktif. Apalagi mengemudi saat ini menjadi salah satu tugas paling kompleks dan merupakan aktivitas harian.

>>> Tips Menghindari Kecelakaan Beruntun saat Berkendara di Cuaca Buruk

Berbagai manfaat mengemudi

Di zaman modern ini, sering dipahami bahwa pengemudi bisa memikirkan hal lain pada saat mengemudi karena pusat eksekutif otak tetap berada dalam fase waspada, terang Pearce. Itulah mengapa lebih sulit untuk fokus pada hal lain ketika berkendara dalam situasi yang lebih menantang, contohnya ketika berkendara dalam cuaca buruk.

pengemudi pria yang sedang menyetir sendiri
Mengemudi sendiri bisa membantu Anda untuk rileks

Bahkan ia menyebutkan bahwa berkendara, entah bersama mobil maupun motor, memiliki manfaat yang baik terhadap kesehatan mental. Pada saat yang sama, mengemudi juga bisa membantu meringankan tekanan yang ada karena membuat otak hanya fokus pada satu hal.

Lebih lanjut, Pearce menyebutkan bahwa berkendara dengan kecepatan sedang dan cepat bisa memberikan perasaan “gembira”. Dimana berkendara dalam kecepatan lambat lebih menenangkan.

"Saya suka menggunakan jalan kecil di dekat tempat tinggal saya dan mengemudi perlahan memungkinkan saya untuk lebih dekat dengan lingkungan,” tutupnya.

>>> Cari mobil buat keluarga? Dapatkan berbagai pilihannya di sini!

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top