Ternyata Ini Alasan Orang Membeli Mobil Listrik Tesla

13/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Ternyata Elon Musk bukanlah alasan popularitas mobil Tesla. Berdasarkan penelitian, ternyata ini alasan pemilik kendaraan tertarik membeli mobil listrik Tesla.

Tesla menjelma menjadi salah satu pabrikan otomotif yang melambung tinggi setelah memperkenalkan berbagai pilihan mobil listrik. Kebanyakan orang yang beranggapan bahwa pembeli mobil Tesla tertarik pada citra merek dengan teknologinya yang tinggi atau penggemar CEO Tesla, Elon Musk. Tapi ternyata hal ini bukan alasannya.

Bukan karena Elon Musk

Agresivitas Elon Musk di media sosial disebut mampu mendongkrak popularitas dan penjualan Tesla. Tapi sebuah survei terbaru dari firma riset Escalent menyebutkan bahwa banyak pembeli dan bahkan pemilik kendaraan bukan Tesla menyukai mobil buatan Elon Musk tersebut.

enam varian mobil listrik Tesla
Saat ini ada 4 model Tesla yang dipasarkan di Amerika

>>> Penuh Kontroversi, Fitur Tesla Full Self Driving Tetap Diperkenalkan Bulan Depan

"Faktanya," ungkap Mike Dovorany, selaku Vice President di perusahaan analisis dan perilaku Escalent, mengatakan kepada Car and Driver, "di antara responden yang berbelanja atau sudah memiliki EV — Tesla atau lainnya — Elon Musk termasuk di antara [kekurangan] teratas dalam pertimbangan merek mereka. "

Sebagai bagian dari program EVForward, Escalent mewawancarai 1.003 responden dengan rentang usia 18 hingga 80 tahun antara 21 Desember 2020 hingga 19 Februari 2021. Responden terdiri dari 100 orang pemilik Tesla, 100 pemilik kendaraan listrik bukan Tesla, dan 803 pengemudi yang saat ini tidak memiliki mobil listrik.

>>> Upaya Tesla Menghemat Pengeluaran di Gigafactory Texas

Daya tarik mobil listrik Tesla

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobil Tesla sangat menarik bagin pemilik kendaraan listrik. Mereka berniat membeli mobil listrik Tesla dalam kurun waktu lima tahun. Alasannya karena Tesla mampu menghadirkan desain yang stylish, kinerja dan akselerasi yang memikat, dan material berkualitas. Bahkan untuk mobil listrik, mereka menyukai Tesla karena memiliki daya jangkau yang terasa jauh.

Hal yang sama dijelaskan oleh pemilik mobil non-Tesla. Pengalaman mengelola semua aspek pembelian dan layanan yang sangat mudah disebut oleh 91% pemilik Tesla sebagai alasan membeli Tesla dibandingkan mobil listrik dari pabrikan lainnya.

Elon Musk selaku CEO Tesla
Elon Musk sering melontarkan cuitan kontroversial di Twitter

Hanya saja daya jual Tesla berkurang akibat sang pemilik. Pasalnya sebagian besar koresponden menyebutkan bahwa perilaku Elon Musk yang urakan, termasuk berbagai cuitan kontroversialnya di Twitter, memberikan dampak negatif pada merek Tesla.

Berdasarkan penelitian tersebut, Escalent menyebutkan bahwa popularitas mobil listrik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyak konsumen yang menjadi lebih tertarik membeli mobil listrik setelah mengetahui teman, keluarga, atau rekan kerja juga memilikinya. Dan tak menutup kemungkinan demam mobil listrik akan datang ke Indonesia lebih cepat dari dugaan.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top