Ternyata Banyak Perbedaan Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal

17/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Tak hanya jadi produk jagoan Suzuki Indonesia, Carry juga jadi komoditas ekspor, berikut ini adalah beberapa perbedaan besar Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal

Suzuki Carry tak hanya didaulat sebagai produk andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Tanah Air, namun mobil ini juga membawa devisa negara karena jadi komoditas ekspor. Carry Pickup Export ini sedikitnya masuk ke 28 negara, baik di Asia maupun Timur Tengah.

Suzuki Carry Pick Up Wide Deck

Carry ini adalah produk lokal yang diekspor ke 28 negara di dunia

Tentunya Carry rakitan Indonesia ini terdapat beberapa 'penyesuaian' agar pas dengan kebutuhan di negara tujuan ekspor. Berikut ini tim Cintamobil.com bantu Anda untuk menunjukkan beberapa perbedaan mendasar yang ada di Suzuki New Carry Pickup Export.

1. Kursi & Sunvisor

Kursi Suzuki Carry Expor

Kursi, Sunvisor, hingga Seatbelt jadi pembeda utama di interior

Hal pertama yang mejadi pembeda antara Carry lokal dengan Carry versi ekspor adalah kursinya. Pada versi lokal tidak terdapat sandaran kepala menyatu dan bentuknya memanjang. Sementara untuk versi ekspor terdapat headrest yang menyatu untuk kursi pengemudi dan penumpang. Sunvisor juga tersedia untuk penumpang depan.

2. AC & Heater

Pengaturan AC Suzuki Carry Expor

Di beberapa negara empat musim, tersedia juga fitur heater

Perbedaan antara Carry rasa lokal dengan ekspor tak hanya di situ saja. Pengaturan Air Conditioner (AC) juga berbeda, untuk di beberapa negara tujuan ekspor seperti Honduras ada juga yang dilengkapi dengan heater serta tuas untuk mengatur ventilasi AC.

3. Bumper Sewarna Bodi & Body Stripes

Bumper depan Suzuki Carry Export

Bumper versi ekspor sudah sewarna bodi

Kendati Suzuki Carry versi ekspor masih belum mendapat facelift, namun ia mendapat beberapa keistimewaan seperti bumper sewarna bodi dan juga body stripes (versi Thailand). Meski hanya ubahan ringan, tapi menambah unsur estetika. Di Indonesia bumper sewarna bodi dan striping ada di Suzuki Carry Pick Up tipe Luxury.

>>> Membandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

4. Posisi Kemudi

Suzuki New Carry Pick Up Left Hand Drive

Posisi setir menyesuaikan negara tujuan ekspor

Untuk negara-negara tujuan ekspor tertentu seperti Bolivia, Qatar, Kuwait, hingga UAE tentunya diperlukan ubahan besar yakni posisi kemudi. Bila di Indonesia posisi setirnya di kanan (right hand drive), maka di beberapa negara yang kami sebutkan tadi posisi setirnya ada di kiri (left hand drive).

>>> Dapatkan penawaran terbaik untuk pembelian mobil Suzuki dengan mengisi form secara lengkap di bawah ini

 

5. Posisi Wiper

Tampilan depan Suzuki Carry Pick Up Export

Demikian juga dengan posisi wiper...

Masih tentang Carry versi ekspor untuk negara yang menganut 'paham' setir kiri, posisi wiper juga juga 'terbalik' jika dibandingkan dengan Carry versi Indonesia. Selain itu juga masih ada beberapa detail-detail 'minor' lainnya seperti wiring system, opsi dual SRS airbag, seatbelt auto ELR, kapasitas aki hingga TPMS.

>>> Modifikasi RC Suzuki Carry Jadi Mirip Tesla

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top