Ternyata Banyak Perbedaan Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal

17/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ternyata Banyak Perbedaan Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal
Tak hanya jadi produk jagoan Suzuki Indonesia, Carry juga jadi komoditas ekspor, berikut ini adalah beberapa perbedaan besar Suzuki Carry Pickup Export vs Lokal

Suzuki Carry tak hanya didaulat sebagai produk andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Tanah Air, namun mobil ini juga membawa devisa negara karena jadi komoditas ekspor. Carry Pickup Export ini sedikitnya masuk ke 28 negara, baik di Asia maupun Timur Tengah.

Suzuki Carry Pick Up Wide Deck

Carry ini adalah produk lokal yang diekspor ke 28 negara di dunia

Tentunya Carry rakitan Indonesia ini terdapat beberapa 'penyesuaian' agar pas dengan kebutuhan di negara tujuan ekspor. Berikut ini tim Cintamobil.com bantu Anda untuk menunjukkan beberapa perbedaan mendasar yang ada di Suzuki New Carry Pickup Export.

1. Kursi & Sunvisor

Kursi Suzuki Carry Expor

Kursi, Sunvisor, hingga Seatbelt jadi pembeda utama di interior

Hal pertama yang mejadi pembeda antara Carry lokal dengan Carry versi ekspor adalah kursinya. Pada versi lokal tidak terdapat sandaran kepala menyatu dan bentuknya memanjang. Sementara untuk versi ekspor terdapat headrest yang menyatu untuk kursi pengemudi dan penumpang. Sunvisor juga tersedia untuk penumpang depan.

2. AC & Heater

Pengaturan AC Suzuki Carry Expor

Di beberapa negara empat musim, tersedia juga fitur heater

Perbedaan antara Carry rasa lokal dengan ekspor tak hanya di situ saja. Pengaturan Air Conditioner (AC) juga berbeda, untuk di beberapa negara tujuan ekspor seperti Honduras ada juga yang dilengkapi dengan heater serta tuas untuk mengatur ventilasi AC.

3. Bumper Sewarna Bodi & Body Stripes

Bumper depan Suzuki Carry Export

Bumper versi ekspor sudah sewarna bodi

Kendati Suzuki Carry versi ekspor masih belum mendapat facelift, namun ia mendapat beberapa keistimewaan seperti bumper sewarna bodi dan juga body stripes (versi Thailand). Meski hanya ubahan ringan, tapi menambah unsur estetika. Di Indonesia bumper sewarna bodi dan striping ada di Suzuki Carry Pick Up tipe Luxury.

>>> Membandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

4. Posisi Kemudi

Suzuki New Carry Pick Up Left Hand Drive

Posisi setir menyesuaikan negara tujuan ekspor

Untuk negara-negara tujuan ekspor tertentu seperti Bolivia, Qatar, Kuwait, hingga UAE tentunya diperlukan ubahan besar yakni posisi kemudi. Bila di Indonesia posisi setirnya di kanan (right hand drive), maka di beberapa negara yang kami sebutkan tadi posisi setirnya ada di kiri (left hand drive).

>>> Dapatkan penawaran terbaik untuk pembelian mobil Suzuki dengan mengisi form secara lengkap di bawah ini

 

5. Posisi Wiper

Tampilan depan Suzuki Carry Pick Up Export

Demikian juga dengan posisi wiper...

Masih tentang Carry versi ekspor untuk negara yang menganut 'paham' setir kiri, posisi wiper juga juga 'terbalik' jika dibandingkan dengan Carry versi Indonesia. Selain itu juga masih ada beberapa detail-detail 'minor' lainnya seperti wiring system, opsi dual SRS airbag, seatbelt auto ELR, kapasitas aki hingga TPMS.

>>> Modifikasi RC Suzuki Carry Jadi Mirip Tesla

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top