Terlihat Biasa Saja, Porsche 996 Carrera Ini Tahan Serangan Peluru

28/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Terlihat Biasa Saja, Porsche 996 Carrera Ini Tahan Serangan Peluru
Porsche 996 Carrera ini terlihat seperti layaknya mobil klasik lain yang masih dalam keadaan mengesankan. Namun nyatanya, mobil ini sudah menggunakan material anti serangan peluru.

Porsche 996 Carrera mungkin bukan mobil sport terkuat yang pernah dibuat Porsche. Apalagi mobil ini juga jangan disandingkan dengan sport car modern lain. Tapi unit Porsche yang satu ini punya kekuatan super, karena ia tidak mempan untuk ditembak dengan peluru tajam.

Ya, dari luar, Porsche 996 Carrera ini memang terlihat layaknya mobil retro reguler. Penampilannya masih sangat menarik karena nyaris tidak ada cacat pada mobil era tahun 2000-an tersebut. Namun mobil yang satu ini memiliki kemampuan tahan terhadap serangan peluru.

>>> Buat Kabin Makin Sunyi, Hyundai Motor Group Kembangkan Anti Bising Pertama di Dunia

Pakai Bahan Lebih Tebal

Porsche 996 Carrera Velg

Bagian yang tidak tahan peluru hanya roda

Kendaraan lapis baja memang sering kali datang dalam jenis SUV atau sedan limousine. Karena biasanya mobil-mobil ini jadi kendaraan dinas pejabat pemerintah sampai presiden atau kepala negara. Tapi seseorang sudah membuat Porsche 996 Carerra yang dilapis tahan peluru tambahan.

Dikutip dari Carbuzz, Rabu (27/01/2021), dari luar orang lain tak akan menyangka kalau ini adalah mobil anti peluru. Apalagi cat Dragonfly Turquoise disekujur tubuhnya hampir tidak ditemukan cacat, apalagi tanda-tanda bekas terkena serangan peluru tajam.

Namun seluruh bagian tubuh Porsche tersebut sudah diganti dengan bahan Dyneema. Yaitu sebuah serat komposit yang mampu menyerap energi 15 kali lebih kuat dari baja tapi bobotnya serupa baja. Kemudian semua kacanya pakai yang memiliki ketebalan 20 milimeter (mm).

>>> Menghilangkan Kaca Mobil Berembun saat Hujan, Bisa Pakai Tembakau

Tahan Serangan Peluru 9 Mm

Porsche 996 Carrera Bullet Proof

Karena pakai kaca lebih tebal, maka kabin jadi lebih senyap

>>> Review Porsche Macan 2020: Fleksibilitas SUV Rasa Mobil Sport Rp 2 Miliar

Diketahui, seseorang sudah meminta Porsche untuk membuat mobil ini secara khusus. Tidak disebutkan siapa pelanggan ini, namun Porsche pernah melakukan pengetesan kekuatan bodi mobil tersebut. Hasilnya Porsche 996 Carrera ini dapat menahan serangan peluru 9 mm dan revolver Magnum 0,44 mm.

Namun karena pemakaian material yang lebih tebal membuat Carrera ini bukan mobil yang ringan. Beratnya mencapai 2,8 ton atau dua kali lebih berat dari 996 Carrera reguler. Sementara mesinnya juga masih menggunakan jantung pacu standar 996 Carrera, sehingga kemampuan akselerasi mobil ini juga jauh lebih lambat dari 996 Carrera normal.

Menggunakan interior kulit khas 996, mobil ini sekarang bukan milik siapa-siapa karena unitnya tersimpan di Porsche Museum.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top