Terkendala Teknis, Perbaikan Jalan KM 27+ Tol Japek Ditunda

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Terkendala Teknis, Perbaikan Jalan KM 27+ Tol Japek Ditunda
Jasa Marga menunda pekerjaan perbaikan jalan di KM 27+ jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sedianya dilaksanakan mulai Senin, 12 Oktober 2020 karena kendala teknis.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menginformasikan penundaan perbaikan jalan KM 27+ ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang sedianya dilakukan mulai  Senin, 12 Oktober 2020 hingga lima hari kedepan.

Terkendala teknis

Dalam rilis Jasa Marga Nomor: 45/2020 Tanggal 12 Oktober 2020 disebutkan, keputusan penundaan diambil dikarenakan ada kendala teknis. Adapun pelaksanaan berikutnya akan dijadwalkan kembali dan akan diinformasikan secara resmi sebagaimana biasanya.

Atas penundaan yang mungkin mengganggu kenyamanan, Jasa Marga menyampaikan permintaan maaf. Dihimbau agar pengendara tetap berhati-hati dan waspada serta mentaati aturan berkendara di jalan tol.

Rencana perbaikan jalan

Sebelumnya, pada tanggal 10 Oktober 2020 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division merilis rencana perbaikan jalan sepanjang 75 meter dari KM 27+613 sampai dengan KM 27+688 lajur 1 Jalur arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Pekerjaan bakal dilakukan mulai Senin (12/10/2020) pukul 10.00 WIB sampai dengan Jum'at (16/10) pukul 04.00 WIB atau selama 5 hari kerja.

>>> Hati-hati, Mulai 12 Oktober Ada Perbaikan Jalan Lagi di Tol Japek

Foto menunjukkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 27+

Pemeliharaan jalan tol wajib dilakukan untuk menjaga kualitas jalan dan meningkatkan kenyamanan

Rencana perbaikan berupa rigid pavement (perkerasan beton) guna menjaga kualitas jalan serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara. Jasa Marga juga telah menyiapkan langkah mitigasi berupa pengaturan lalu lintas bila timbul kepadatan karena adanya perbaikan. Selain itu juga telah dipersiapkan skenario contra flow apabila dibutuhkan, serta berkoordinasi dengan Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

Segala hal dipersiapkan karena hal tersebut merupakan syarat pemeliharaan jalan tol. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No, 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol, Pekerjaan perbaikan jalan merupakan bagian dari pemeliharaan yang wajib dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) guna menjamin jalan tol memenuhi ketentuan standar pelayanan minimal.

Adapun syarat yang utama, pemeliharaan harus sesuai teknis yang telah ditentukan. Kemudian pada pelaksanaannya tidak boleh merugikan pengguna jalan, dan tidak menimbulkan gangguan [secara signifikan] terhadap kelancaran lalu lintas. Lalu lintas harus tetap beroperasi meski dengan sedikit pengurangan area jalan. Dan jika harus melakukan penutupan, maka harus dibuatkan jalan pengganti yang layak dan aman untuk dilewati.

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Foto menunjukkan suasana lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Jakarta-Cikampek, ruas penting Tol Trans Jawa

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top