Terganggu Wabah Corona, Gaikindo Pastikan Revisi Target Penjualan Mobil 2020

29/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Terganggu Wabah Corona, Gaikindo Pastikan Revisi Target Penjualan Mobil 2020
GAIKINDO bakal merevisi target penjualan mobil 2020 mengingat situasi negeri yang masih darurat wabah Corona. Berapa yang ingin dicapai GAIKINDO tahun ini?

Sektor industri tanah air cukup terdampak oleh penyebaran wabah virus Corona (COVID-19) termasuk industri otomotif. Sejumlah pameran otomotif dibatalkan untuk menghindari kerumunan massa yang memperbesar potensi penularan. Padahal pameran seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pendongkrak terbesar penjualan kendaraan. Belum lagi pemberlakuan Work from Home (WFH) yang disarankan pemerintah, masyarakat lebih fokus memenuhi kebutuhan primernya dibanding yang lain seperti kendaraan.

Penjualan Mobil Menurun

Foto menujukkan suasana saat pameran kendaraan komersil GIICOMVEC 2020

GAIKINDO berharap target penjualan mobil 2020 bisa tercapai

Asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan dalam dua bulan pertama 2020 tren penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan. Di bulan Januari penjualan mobil mencapai 80.424 unit. Pada bulan Februari turun menjadi 79.573 unit. Dibanding tahun lalu pencapaian dua bulan tersebut lebih rendah. Januari 2019 penjualan mobil mencapai 82.155 unit dan Februari sebanyak 81.809 unit.

>>> Penjualan Astra Meningkat di Tengah Wabah Virus Corona

Target Penjualan 2020

Pertengahan Januari 2020 lalu Gaikindo mengumumkan target penjualan mobil tahun 2020 sebanyak 1.050.000 unit. Hal ini didasari pada pencapaian tahun sebelumnya yang sedikit lebih besar dari target revisi yang dicanangkan, yaitu sebanyak 1 juta unit. Sepanjang 2019 total mobil terjual sebanyak 1.030.126 unit secara wholesales, dan 1.043.017 unit secara ritel. Karenanya target sebanyak 1,05 juta unit tahun ini dianggap cukup realistis.

Foto menujukkan seorang wanita di Kota London melindungi diri dengan masker

Virus Corona jadi pandemi global, masyarakat diminta melindungi diri

Bila ini tercapai sudah pasti membanggakan, karena bisa melanjutkan tren penjualan mobil di atas 1 juta unit sejak 2012. Tapi melihat situasi dan kondisi yang ada besar kemungkinan target tidak tercapai. GAIKINDO sendiri menyatakan kalau target penjualan mobil tahun 2020 ini pasti direvisi.

“Pasti kita akan melakukan revisi karena ini dampaknya akan cukup besar,” tutur Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, seperti dikutip dalam situs resmi Gaikindo.

Terkait dengan himbauan pemerintah agar masyarakat bekerja, belajar dan beribadah di rumah serta membatasi aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus, Gaikindo mendukung penuh. Sedangkan penurunan penjualan mobil adalah bagian dari risiko bisnis. Bukan hanya di Indonesia, wabah juga mempengaruhi industri otomotif secara global.

>>> Pilihan Sedan Terbaik: 5 Mobil Bekas di Bawah Rp100 Jutaan

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penjualan Astra Meningkat di Tengah Wabah Virus Corona

28/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus Corona di Indonesia tak terlalu berperngaruh pada penjualan Astra. Malah di dua bulan pertama 2020 penjualan mobil grup Astra mengalami peningkatan.

Lihat juga

Penjualan Hyundai di China Nyaris Nggak Laku!

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona berdampak buruk pada penjualan Hyundai Motor di China bulan Februari 2020. Total penjualan turun 97% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Lihat juga

Dua Bulan Pertama 2020 Penjualan Daihatsu Masih Lambat, Sigra Tetap Terlaris

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Data penjualan Daihatsu dalam dua bulan pertama 2020 terungkap mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun 2019, dengan Sigra tetap yang terlaris.

Lihat juga