Terdampak Xpander, Mitsubishi Pajero Sport Bakal Impor Lagi

02/03/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Terdampak Xpander, Mitsubishi Pajero Sport Bakal Impor Lagi
Fenomena Xpander menjadi berkah buat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Tapi sepertinya ada yang harus 'dikorbankan', MMKSI berencana mengimpor Mitsubishi Pajero Sport dari mancanegara ketimbang memproduksi di dalam negeri.

Wacana impor model SUV Mitsubishi Pajero Sport pernah dikemukakan tahun lalu sebagai respon atas membludaknya pesanan Mitsubishi Xpander. MMKSI yang ingin semua terlayani dengan baik berencana mendatangkan Pajero Sport dari Thailand, sementara line produksi di pabrik Indonesia bakal dipakai untuk memproduksi Mitsubishi Xpander.

Foto Mitsubishi Pajero Sport tampak samping depan

Mitsubishi Pajero Sport masih diunggulkan di segmen SUV

Meski hingga kini sepertinya masih adem ayem, rencana tersebut ternyata masih terus dipelajari dan dipertimbangkan. Hal tersebut disampaikan Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) Irwan Kuncoro kepada salah satu awak media akhir bulan lalu. “Soal impor Pajero Sport, masih kita pelajari,” tutur Irwan seperti dikutip dari Kompas, (1/3/2019).

Irwan menjelaskan, tidak ada unsur mengalahkan satu sama lain sebab semuanya demi konsumen. Wacana impor didasarkan untuk mengatur suplai produk baik Xpander maupun Pajero Sport dan semua bersifat sementara. “Sifatnya sementara (impor Pajero Sport). Tujuannya itu biar pasokan produk Xpander dan Pajeronya tidak terganggu,” jelas Irwan.

Seperti diketahui kehadiran Mitsubishi Xpander membuat perjalanan bisnis Mitsubishi di Indonesia bergairah penuh semangat. Model low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubishi pertama di Indonesia ini meraih kesuksesan besar dari sejak pertama diluncurkan. Bukan hanya kompetitor yang dibikin takjub, MMKSI sendiri tidak pernah menduga Xpander bakal booming luar biasa. Hingga kini ratusan ribu unit mobil telah terbeli baik di pasar lokal maupun ekspor. Xpander juga telah mengantar penjualan Mitsubishi di Indonesia menjadi yang nomor satu di dunia mengalahkan negara-negara lain.

>>> Mitsubishi Xpander Pimpin Pasar Low MPV Pada Januari 2019, Kompetitor Sudah Siap Bersaing

Foto Mitsubishi Xpander merah tampak samping depan

Kesuksesan MMKSI menjual Xpander di Indonesia membuat negara lain kepincut

Peningkatan produksi Xpander sudah dilakukan dari rencana awal 60.000 unit menjadi 80.000 unit dan dinaikkan lagi menjadi 100.000 unit. Pertambahan kapasitas tersebut belum cukup, di tahun fiskal 2018 produksi Xpander direncanakan naik lagi 20 persen atau menjadi 120.000 dan akan terus ditingkatkan hingga 160.000 unit di tahun fiskal 2020. Mengingat keterbatasan tempat yang tersedia untuk produksi dan pesanan terus mengalir, salah satu cara direncanakan MMKSI adalah seperti tersebut di atas, mengalihkan suplai Mitsubishi Pajero Sport dari mancanegara. Sementara untuk line produksi di Indonesia dipakai untuk produksi Xpander.

>>> Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 bisa Anda baca di sini

Foto deretan Mitsubishi Xpander siap ekspor

Produksi Mitsubishi Xpander juga untuk memenuhi pasar ekspor

>>> Simak artikel otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top