Terdampak Krisis Chip, Toyota Tutup Pabrik di China

08/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dampak krisis chip sampai di daratan China memaksa Toyota menutup jalur produksi pabriknya di Guangzhou sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Toyota dilaporkan menutup sementara salah satu pabriknya di Guangzhou China yang beroperasi dengan perusahaan lokal Guangzhou Automobile Group (GAC).

Terdampak krisis chip

Dikutip dari Reuters, sumber orang dalam yang tidak mau disebut namanya karena alasan kerahasiaan menuturkan penutupan tersebut dilakukan akibat krisis chip.

Kurangnya pasokan vital tersebut membuat pabrik harus melakukan penyesuaian produksi. Tidak dijelaskan kapan penangguhan itu dimulai, berapa lama, dan apa model yang terpengaruh.

Foto Pabrik Toyota di Guangzhou China dari udara

Pabrik Toyota di Guangzhou terpengaruh krisis chip

>>> Kelangkaan Chip Paksa Pabrikan Mobil Dunia Pangkas Fitur Canggih

Penutupan ini merupakan rentetan dari dampak krisis chip global yang berlangsung sejak awal 2021. Pada Januari GAC juga pernah menutup sementara pabriknya karena alasan yang sama.

Pabrik Toyota lain di seluruh dunia juga banyak yang menghentikan produksi dalam beberapa waktu. Seperti pabrik Tahara di Prefektur Aichi. Pabrik yang memproduksi Lexus LS dan IS itu tutup pada 3 Agustus hingga 6 Agustus.

Pabrik Toyota Auto Body di distrik Yoshiwara berhenti memproduksi Land Cruiser selama dua hari. Yang ini dikarenakan produksi suku cadang yang tersendat akibat meningkatnya kasus COVID-19 di Asia Tenggara.

Di Thailand, Toyota menangguhkan operasional di ketiga pabriknya selama beberapa hari karena pabrik suku cadang tutup akibat Covid-19. Toyota juga memperingatkan bahwa krisis chip di seluruh dunia akan berlangsung lama.

Toyota Indonesia aman

Toyota Indonesia salah satu yang masih dalam kondisi aman. Seperti diberitakan sebelumnya PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan aktivitas impor kendaraan dari Thailand masih berjalan normal. Stok juga masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen di tanah air.

“Dan sudah dicek, stoknya cukup.” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM kepada Cintamobil.com beberapa waktu lalu.

>>> Pabrik Toyota di Thailand Stop Produksi, Stok Mobil di Indonesia Aman

Foto menunjukkan Toyota Corolla Altis tampak samping depan

Penjualan Toyota di tanah air tetap tinggi

Sebagai tambahan, beberapa model Toyota di tanah air memang didatangkan dari China, seperti All New Corolla Altis, All New Camry, C-HR, HiAce, dan Hilux. Sedangkan sebagian yang lain impor dari Jepang, seperti Land Cruiser, Alphard, Voxy, dan Vellfire.

Penutupan pabrik Toyota di China sepertinya juga tidak mengganggu distribusi kendaraan di Indonesia. Data Gaikindo menunjukkan tidak ada mobil Toyota yang diimpor dari negara tersebut.

>>> Tertarik mobil Toyota, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top