Terdampak Corona, Pemerintah China Beri Subsidi Buat Membeli Mobil

09/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Terdampak Corona, Pemerintah China Beri Subsidi Buat Membeli Mobil
Berupaya keras mendongkrak penjualan, Pemerintah Kota Guangzhou dan Xingtan China menawarkan subsidi tunai kepada warganya yang mau membeli mobil listrik.

Beragam upaya kini dilakukan untuk mendongkrak penjualan di China. Seperti yang dilakukan pemerintah Kota Guangzhou dan Kota Xingtan. Dikutip dari Autonews, (1/3/2020), di sebelah selatan Kota Guangzhou dimana Toyota, Honda dan Nissan mendirikan pabrik patungan dengan perusahaan China pemerintah setempat menawarkan subsidi kepada siapapun yang membeli mobil listrik.

Sebenarnya pemerintah lokal pernah memberikan subsidi seperti ini sebelumnya, namun dibatalkan tahun lalu. Tahun ini COVID-19 memaksa mereka memberlakukan subsidi lagi.

>>> Cari Diskon Mobil Baru Hyundai Terbaik? Cintamobil.com Pilihkan Buat Anda

Foto menunjukkan salah satu Diler Nissan di China

Produksi dan penjualan mobil di China menurun tajam sejak virus Corona mewabah mulai akhir 2019

Pemberian Subsidi

Berbeda dengan Pemerintah Guangzhou yang tidak menjelaskan besaran subsidi yang akan diberikan, Pemerintah Kota Xiangtan mendorong warganya yang mau membeli mobil buatan Geely dengan subsidi uang tunai sebesar 3.000 Yuan atau setara Rp6,1 juta.

Sementara itu Pemerintah Kota Foshan tempat dimana Volkswagen diproduksi bersama FAW Group telah menawarkan subsidi uang tunai sebesar 2.000 Yuan atau setara Rp4,1 juta kepada warga yang membeli mobil baru, dan memberikan uang tunai sebesar 3.000 Yuan kepada warga yang mau melakukan trade in mobil lama.

Seperti diketahui China menjadi pasar mobil terbesar di dunia setiap tahun, mengalahkan penjualan di negara-negara lain. Namun virus Corona (COVID-19) yang mewabah di Kota Wuhan sejak akhir 2019 dan menjalan ke berbagai kota membuat semuanya berubah. Penjualan mobil di China mengalami penurunan cukup signifikan. Menurut asosiasi mobil penumpang di China, penjualan mobil China turun 89 persen dalam 23 hari pertama bulan Februari.

>>> Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis

Foto menunjukkan Diler Geely di China

Pemerintah beri subsidi tunai kepada warganya yang mau membeli mobil Geely, apapun modelnya

Tidak hanya berpengaruh pada penjualan dan produksi otomotif, virus Corona juga membuat sejumlah event besar batal diselenggarakan, seperti Geneva International Motor Show 2020 dan Beijing Motor Show 2020, serta MotoGP Qatar dan Thailand.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak berita otomotif lainnya

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Cegah Virus Corona, Kemenhub Instruksikan Operator Angkutan Umum Sediakan Hand Sanitizer

07/03/2020

Pengemudian

3 menit

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI menginstruksikan operator angkutan umum sediakan hand sanitizer sebagai fasilitas untuk penumpang mencuci tangan.

Lihat juga

Pengemudi Taksi Online Disarankan Rajin Cuci Tangan untuk Cegah Virus Corona

04/03/2020

Event - Promosi

2 menit

Untuk mencegah penyebar luasan virus Corona, pengemudi taksi online pun disarankan untuk rajin-rajin membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cair atau cairan antiseptik.

Lihat juga

Bluebird Minta Drivernya Rajin Bersihkan Mobil Demi Cegah Virus Corona

06/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Perusahaan transportasi Bluebird mengimbau kepada seluruh drivernya agar lebih rajin membersihkan kabin mobilnya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Lihat juga