Dari 1,5 Juta Pemudik, Baru 22.000 yang Balik ke Jakarta

20/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Dari catatan yang dimiliki Polda Metro Jaya tercatat baru sekitar 22.000 pemudik yang balik ke Jakarta dari total 1,5 juta pemudik.

Polda Metro Jaya mencatat baru sekitar 22 ribu dari total 1,5 juta pemudik yang kembali ke Jabodetabek usai merayakan Idul Fitri di tahun ini. Masih banyaknya pemudik yang belum kembali ke Jakarta membuat Operasi Ketupat Jaya juga ikut diperpanjang hingga 24 Mei 2021.

>>> Duh! 72 Pemudik Reaktif Covid-19 saat Tes di Pos Penyekatan

Gamba rmenunjukan Pemudik

Masih sedikit pemudik yang kembali ke Jakarta

Himbauan untuk Memiliki Surat Bebas Covid-19 

Polda Metro Jaya memutuskan memperpanjang Operasi Ketupat Jaya hingga 24 Mei 2021 dalam rangka pengawasan arus balik Lebaran. Jumlah pos pemantauan pun ditambah di 14 titik di sejumlah lokasi yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Masih banyak yang belum kembali kalau mengacu pada data awal yang mudik keluar,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu, 19 Mei 2021 seperti dikutip dari laman NTMCI Polri.

Bagi pemudik yang kembali, Polda Metro Jaya langsung melakukan tes swab antigen sebagai syarat untuk masuk wilayah Jabodetabek. Bagi yang tak membawa hasil tes usap, diimbau untuk segera melakukan tes usap di sejumlah fasilitas kesehatan yang disediakan.

“Sekalian saya sosialisasi, tolong pulang ke Jakarta, pulang ke rumah kita ini, bawalah surat swab antigen yang sudah bebas Covid-19. Ini upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”  katanya.

>>> 461.206 Kendaraan Diputar Balik Selama Ada Larangan Mudik

Gambar menunjukan Pemeriksaan

Pemeriksaan secara acak pemudik untuk menekan penyebaran Covid-19

Lokasi 14 Titik Pemeriksaan Pemudik Tujuan Jakarta

Dirlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan didirikan di sepanjang terminal, jalan tol, serta jalan arteri untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari pemudik. Selanjutnya, untuk pemeriksaan dokumen di jalan tol akan tersedia di KM 34B Tol Cikampek menuju Jakarta.

Khusus untuk di terminal, titik pemeriksaan terdapat di dua tempat yakni terminal Pulogebang dan terminal Kalideres. Sementara untuk di jalan arteri, tersebar melalui 9 titik yang ada di Depok sampai dengan Kabupaten Bekasi.

Hingga saat ini Polda Metro Jaya juga sudah melakukan tes swab antigen terhadap 22.762 orang pemudik. Hasilnya ada 148 orang positif, dengan rincian 74 orang isolasi mandiri di rumah dengan stiker dan pemberitahuan kepada RT dan warga sekitarnya, 57 orang dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC-19) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat, dan 17 orang dirujuk ke tempat lainnya.

>>> Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top