Terbaru, Tiga Pabrik Mazda Tutup Gara-Gara Corona

25/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Terbaru, Tiga Pabrik Mazda Tutup Gara-Gara Corona
Tiga pabrik Mazda yang beroperasi di Jepang, Meksiko, dan Thailand dinyatakan bakal tutup untuk beberapa hari, imbas dari merajalelanya virus Corona (COVID-19).

Mazda menjadi produsen mobil asal Jepang terbaru yang mengumumkan penangguhan produksinya karena terdampak virus Corona (COVID-19). Dalam pernyataan resmi, (24/3/2020) Mazda Motor Corporation menyatakan menutup tiga pabriknya sekaligus. Masing-masing di Jepang, Meksiko, dan Thailand.

Foto menunjukkan logo Mazda 3 dimensi

Mazda umumkan tutup tiga pabrik sekaligus akibat terdampak virus Corona

Keputusan diambil sebagai reaksi makin merajalelanya COVID-19 di berbagai negara yang membuat pasokan suku cadang dari suplier tersendat. Selain itu juga karena menurunnnya penjualan, serta ketidakpastian kondisi pasar.

>>> Dua Karyawan Positif Corona, Toyota Tutup Produksi Corolla di Jepang

Tutup beberapa hari

Dua pabrik Mazda di Hiroshima dan Hofu direncanakan tutup selama 13 hari, dilanjutkan mengoperasikan satu shift siang selama 8 hari. Penutupan dimulai sekitar tanggal 28 Maret hingga 30 April 2020. Meski demikian untuk karyawan bagian administrasi tetap aktif seperti biasa, namun dengan pengawasan tinggi.

Untuk pabrik Mazda di Mazda de Mexico Vehicle Operation - Salamanca, Guanajuato dilakukan selama 10 hari mulai 25 Maret 2020. Sedangkan untuk pabrik Mazda di Thailand, yaitu AutoAlliance Thailand (AAT) bakal ditutup sekitar 10 hari mulai 30 Maret 2020.

"Banyak negara secara cepat dan ekstensif memperkuat langkah-langkah pencegahan infeksi mereka termasuk menerapkan jam malam, penangguhan bisnis ritel dan pembatasan kegiatan perusahaan," tulis Mazda.

"Mazda telah memutuskan untuk menyesuaikan produksi di fasilitas global kami dengan mempertimbangkan kesulitan dalam pengadaan suku cadang, penurunan penjualan global, dan ketidakpastian pasar di masa depan." sambungnya.

>>> Review Mazda CX-30 2020: Mazda3 Khusus Keluarga

Foto menunjukkan proses perakitan mobil Mazda di pabrik Thailand

Produksi Mazda di pabrik Jepang, Meksiko dan Thailand bakal dilakukan setelah kondisi kondusif

Toyota liburkan 5 pabrik di Jepang

Sehari sebelum pengumuman Mazda, Toyota juga mengumumkan akan menunda operasi di lima pabrik perakitan di Jepang, yaitu Takaoka Plant, Tsutsumi Plant, Tahara Plant, Toyota Motor Kyushu (TMK), dan Hino, Hamura Plan. Waktu libur antara 2 hingga 9 hari kerja mulai 3 April hingga 15 April 2020.

Sama dengan Mazda, Toyota meliburkan kelima pabrik di atas karena situasi pasar yang tidak menentu dan menurunnya penjualan global.

>>> Berita mobil baru yang baru diluncurkan di dunia bisa Anda cari disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Cari Mazda 2 Pintu di Pasar Mobil Bekas Tanah Air, Mana yang Termurah?

18/10/2019

Jual beli

3 menit

Mazda yang dikenal dengan desain Jinba Ittai memiliki filososi desain yang mengesankan, termasuk varian mobil sport atau dua pintu. Bagi Anda yang ingin mencari mobil dua pintu Mazda, model apa saja yang patut dipertimbangkan?

Lihat juga

Media Test Drive Mazda CX-30: Ajang Uji Keunggulan Compact SUV Mazda Terbaru

27/02/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah resmi meluncur di akhir Januari 2020 lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) langsung mengajak para media untuk mencicipi Mazda CX-30, Compact SUV Mazda terbaru untuk diketahui keunggulannya.

Lihat juga

Fokus Garap Teknologi, Mazda ‘Puasa’ Mobil Baru Sampai 2022

24/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Sedang mengembangkan berbagai teknologi baik itu powertrain ataupun platform baru, Mazda akan berhenti memperkenalkan mobil baru setidaknya sampai dua tahun ke depan.

Lihat juga

Review Mazda Astina 1989, Mobil Sporty Tak Perlu Mahal

03/05/2019

Editor rate:

Beberapa mungkin mengira alasan Cintamobil.com me-review Mazda Astina 1989 adalah karena bentuknya yang mirip dengan sportscar tenar 80an seperti Toyota MR2, Sprinter Trueno, atau Mazda Miata Generasi Pertama. Anda tidak salah, karena banyak orang pun merasa hal serupa. Selain bodi catchy, apa lagi keunggulan salah satu turunan Mazda Familia ini? Kami akan mengulasnya untuk Anda!

Lihat juga

Review Mazda CX-8 2020: Kenyamanan SUV JDM Datang ke Indonesia!

26/11/2019

Editor rate:

Di penghujung tahun, PT Eurokars Indonesia menambah koleksinya dengan meluncurkan Mazda CX-8 2020. Bersama KODO Desain yang sensual dari Mazda, CX-8 yang baru akan menyasar konsumen SUV kompak premium. Dengan harga yang lebih murah dari CX-9, ada banyak fitur infotainment dan keselamatan yang diberikan.

Lihat juga