Terapkan Physical Distancing, Jasa Marga Pasang Penanda Khusus di Rest Area

27/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Terapkan Physical Distancing, Jasa Marga Pasang Penanda Khusus di Rest Area
PT Jasamarga Related Business (JMRB) memasang penanda khusus dalam menerapkan Physical Distancing di rest area guna meminimalisir penyebaran virus Corona.

Pencegahan virus Corona (COVID-19) terus dilakukan banyak kalangan mengikuti saran dari pemerintah. Salah satunya upaya menjaga jarak aman antar satu orang dengan yang lain atau Physical Distancing. Metode ini dianggap paling ampuh dalam meminimalisir penyebaran virus serta tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya saja, butuh edukasi ekstra mengingat tidak semua masyarakat memahami cara, maksud, serta tujuannya.

Cara yang sama dilakukan PT Jasa Marga. Melalui anak usahanya, PT Jasa Marga Related Business (JMRD), Pengelola jalan tol itu memberlakukan aturan Physical Distancing di seluruh rest area yang dikelolanya pada beberapa sarana umum.⁣

Foto menunjukkan Rest Area 391A

Rest Area mendapat perhatian khusus dari pengelola

Pakai Garis Pembatas

Pada kursi dan meja makan misalnya, diberikan tanda silang warna kuning atau ditempel stiker larangan untuk menandai area yang tidak boleh diduduki. Garis batas antrean warna juga dipasang di depan area toilet, ATM, dan kasir minimarket. Sedangkan pada tempat ibadah (musholla maupun masjid) ditempel stiker larangan untuk menjaga jarak jamaah sholat.

Sejumlah penanda khusus tersebut merupakan kelanjutan upaya Jasa Marga mencegah penyebaran virus Corona yang lebih parah. Sebelumnya, Jasa Marga sudah melakukan tindakan pencegaha berupa menyediakan hand sanitizer di beberapa titik rest area dan memasang poster serta spanduk imbauan terkait peningkatan kewaspaan terhadap penyebaran virus Covid-19.

Jasa Marga juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan rest area yang dikelolanya,  bekerjasama dengan tenaga Palang Merah Indonesia (PMI) di daerah sekitar rest area.

>>> 4 Cara Jasa Marga Mencegah Virus Corona di Rest Area Jalan Tol

Foto menunjukkan Penanda Physical Distance pada kursi dan meja makan di rest area

Foto menunjukkan Penanda Physical Distance pada kursi dan meja makan di rest area

Foto menunjukkan Penanda Physical Distance pada minimarket rest area

Foto menunjukkan Penanda Physical Distance pada sarana toilet rest area

Foto menunjukkan Penanda Physical Distance pada sarana ibadah rest area

Jasa Marga terapkan Physical Distancing di Rest Area

Sudah Terpasang di Beberapa Rest Area

Beberapa rest area yang telah dipasang penanda khusus diantaranya rest area Km 88A dan B Purbaleunyi, dan Km 207A Palikanci, rest area Km 379A, Km 389B, dan Km 391A Semarang-Batang, serta rest area Km 519 A dan B, Km 538A dan B, serta Km 575A dan B Solo-Ngawi.

"Kami menargetkan dalam minggu ini akan diterapkan di seluruh rest area milik JMRB," tutur Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB, Tita Paulina Purbasari dalam keterangan resminya, (26/3/2020).

Untuk rest area-rest area yang tidak dikelola Jasa Marga, pihak JMRB juga telah melayangkan imbauan melalui Surat Edaran untuk membuat rambu-rambu pembatas " physical distancing " di rest area yang mereka kelola. Diharapkan dengan Physical Distancing ini penyebaran virus Corona bisa berkurang signifikan.

>>> Musim Corona, Mending Naik Angkutan Umum atau Mobil Pribadi?

>>> Berita terbaru seputar otomotif dan lalu lintas lainnya ada disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Grup Astra Bantu Pemerintah Tangani Virus Corona

26/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Grup Astra menyerahkan bantuan tahap awal kepada pemerintah untuk menangani pandemi virus corona di Indonesia. Bentuknya mulai dari hand sanitizer, APD bagi tim medis, sampai truk untuk penyemprotan disinfektan.

Lihat juga

SPBU Pertamina Disemprot Disinfektan untuk Cegah Corona

26/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Demi memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah Sumbagsel, SPBU Pertamina disemprot disinfektan secara rutin. Penyemprotan bukan hanya pada bagian pengisian BBM tapi juga fasilitas mushola, toilet, ATM, hingga minimarketnya.

Lihat juga

Bantu Lawan Corona, Pabrik FCA Mulai Produksi Masker

26/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Salah satu tantangan terbesar di tengah pandemi Covid-19 ini adalah menipisnya stok alat medis. Alhasil, banyak pabrik yang mulai memproduksi perlengkapan tersebut, salah satunya Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Lihat juga

Toyota Hilux Facelift Segera Mengaspal, Ganti Mesin 2.800 cc

28/03/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Hilux merupakan dual cabin yang punya nama kuat dijagat kendaraan 4x4, menariknya Toyota Hilux facelift akan segera meluncur dan ganti mesin 2.800 cc

Lihat juga

Strategi Penghematan, VW Bakal Pangkas Jam Kerja Karyawan

28/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tak cukup dengan melakukan penangguhan produksi, Volkswagen (VW) bakal memangkas jam kerja 80 ribu karyawannya di Jerman untuk menghemat biaya operasional.

Lihat juga